Senin, 05 November 2012

SUPAYA KAMU HIDUP



Supaya kamu hidup dan memasuki serta menduduki negeri yang diberikan kepadamu oleh Tuhan, Allah nenek moyangmu. (Ulangan 4:1b)

Salah satu masalah utama yang dihadapi orang Israel adalah bagaimana mereka hidup dalam keatiaan kepada Tuhan. Bagaimana mereka dapat menahan diri dari godaan untuk mengikuti allah lain yang disembah oleh bangsa lain di sekitar mereka. Saat mereka hidup berdampingan dengan bangsa lain mereka mudah tergoda untuk mengikuti penyembahan berhala dan menyimpang dari iman mereka.

Ketetapan-ketetapan Tuhan sering mereka lupakan dan digantikan dengan ketetapan-ketetapan dewa-dewa lain. Untuk itu mereka diingatkan oleh Musa sebelum melanjutkan perjalanan menuju tanah perjanjian.

Mereka diingatkan untuk setia dan memelihara ketetapan Tuhan. Tujuannya agar mereka dapat hidup di negeri yang diberikan Tuhan bagi mereka. "Supaya kamu hidup" yang diungkapkan Musa bukan sekedar dalam artian hidup-bernafas dan jantung yang berdetak tetapi lebih dalam dari itu, yakni agar mereka memiliki hidup dan kehidupan mereka dengan segala mutunya. Bukan sekedar bernyawa tetapi memiliki kebahagiaan, memiliki semangat dan keakraban dengan Tuhan. Agar mereka dapat menikmati kehidupan yang penuh berkat di tanah perjanjian.

Segala mutu kehidupan dapat mengalir ke dalam kehidupan kita jika kita pun menjaga dan memelihara ketetapan Tuhan dalam kehidupan kita. Kita akan merasakan keindahan hidup ketika kita mengasihi Tuhan dan sesama kita, ketika kita bekerja keras dan jujur, ketika kita menolong sesama, ketika kita melakukan segala tugas dengan penuh tanggung jawab.

Walaupun jalan hidup kita tidak selamanya akan terus indah namun mutu kehidupan dan penyertaan Tuhan akan selalu mengikuti kita yang memelihara ketetapanNya. Marilah... dengan memohon kekuatan dari Tuhan, kita berusaha untuk selalu menjalankan dan memelihara ketetapa-ketetapanNya di dalam hidup kita dimanapun kita berada. Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari