Minggu, 11 November 2012

Menjadi berkat bagi sesama

Lukas 17:1-6: "Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Tidak mungkin tidak akan ada penyesatan, tetapi celakalah orang yang mengadakannya. Adalah lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya, lalu ia dilemparkan ke dalam laut, dari pada menyesatkan salah satu dari orang-orang yang lemah ini. Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia. Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia." Lalu kata rasul-rasul itu kepada Tuhan: "Tambahkanlah iman kami!" Jawab Tuhan: "Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu."



Renungan :

Kata-kata Yesus dalam salah satu ayat perikop hari ini terasa begitu keras bagi kita. celakalah orang yang mengadakan penyesatan. Adalah lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya,  lalu ia dilemparkan ke dalam laut, dari pada menyesatkan salah satu dari orang-orang yang lemah ini. 

Yesus begitu marah, jika kita menjadi batu sandungan bagi orang lain. Sebagai murid-murid Yesus, Ia menghendaki agar kita justru menjadi berkat untuk banyak orang, bukan malah sebaliknya. Sebagai murid-muridNya, Yesus menghendaki agar kita menjadi berkat bagi banyak orang, Ia juga menghendaki agar kita sempurna seperti Bapa sempurna adanya. Kita mesti sempurna seperti Bapa dalam mengampuni. Dengan mengampuni kita ikut ambil bagian sebagai penyalur rahmat Allah yang Maharahim. Seorang yang mengampuni, dia akan mengalami rasa syukur, kelegaan, kedamaian hati, kemurahan, kebahagiaan yang mendalam sebagai anak-anak Allah yang telah dicintai tanpa syarat. Segalanya akan berlimpah dan dia menjadi lepas bebas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari