Senin, 12 November 2012

Hamba yang istimewa bagi Yesus

Lukas 17: 7-10: "Siapa di antara kamu yang mempunyai seorang hamba yang membajak atau menggembalakan ternak baginya, akan berkata kepada hamba itu, setelah ia pulang dari ladang: Mari segera makan! Bukankah sebaliknya ia akan berkata kepada hamba itu: Sediakanlah makananku. Ikatlah pinggangmu dan layanilah aku sampai selesai aku makan dan minum. Dan sesudah itu engkau boleh makan dan minum. Adakah ia berterima kasih kepada hamba itu, karena hamba itu telah melakukan apa yang ditugaskan kepadanya? Demikian jugalah kamu. Apabila kamu telah melakukan segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu, hendaklah kamu berkata: Kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan."

Renungan:

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menemukan bentuk relasi atasan- bawahan, bos-anak buah, tuan-hamba. Ada kecenderungan bahwa dalam relasi-relasi yang tadi disebutkan, terdapat jarak antara tuan dan hamba atau atasan dan bawahan. Banyak pula terjadi, seorang atasan memperlakukan bawahan dengan sesuka hatinya, kadang si bawahan juga pastah saja dengan nasibnya sebagai bawahan. 

Berbeda dengan relasi antara Yesus dengan para muridnya, antara Yesus dan kita. Para murid Yesus, termasuk kita yang adalah hamba Tuhan Yesus. Namun, Yesus sungguh memberikan keteladanan yang berbeda sebagai Tuan. Terhadap hamba-hambaNya, Yesus menempatkan para murid dan juga kita justru sebagai sahabat-sahabatNya. Sebagai hamba, kita diperlakukan istimewa oleh Yesus. Maka sudah sepatutnya kita bersyukur, karena kita ini adalah hamba yang istimewa di mata tuannya. Namun, karena  begitu istimewanya kita,  kadang kita yang hamba ini lupa diri. Tanpa kita sadari cara berdoa kita yang memaksa Tuhan untuk segera mengabulkannya adalah cara yang dipakai oleh tuan terhadap hambanya. Berarti kita telah menjadi tuan atas Tuhan sendiri, karena kita ingin doa kita segera dikabulkan. Kalau tidak maka kita menjadi marah dan berpaling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari