Sabtu, 17 November 2012

Pengajaran tentang tanda-tanda zaman

Markus 13:24-32: "Tetapi pada masa itu, sesudah siksaan itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan goncang. Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan-awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Dan pada waktu itupun Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dan akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung bumi sampai ke ujung langit. Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara. Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu lihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya itu terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu. Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja."


Renungan hari ini :


Injil hari ini berbicara tentang kedatangan Putra Manusia. Yesus berbicara tentang peristiwa yang penting dalam salah satu tugas pewartaanNya yakni tentang akhir jaman. Yesus mengajak para muridNya untuk membaca tanda-tanda jaman itu. Sebagaimana alam mempunyai hukum dan tanda-tanda perubahannya sendiri, kedatangan Anak Manusia juga disertai oleh tanda-tanda yang hendaknya dipahami oleh para murid. Para murid diingatkan bahwa jaman akan berakhir dan mereka harus mempersiapkan diri.

Di masa-masa akhir tahun liturgi, Gereja dengan firmannya selalu mengingatkan akan datangnya akhir jaman. Entah kapan, tidak pernah dipastikan bahwa jaman dan waktu kita ini akan berakhir. Suka atau tidak, hidup kita di dunia ini, pasti akan berakhir, cepat atau lambat. Karena itu gereja mengajak kita untuk selalu waspada dan siap sedia. Saat di mana kita masih mempunyai kesempatan, kita diajak untuk mengisi waktu kita, hidup kita ini secara baik seturut firman dan ajaran Tuhan. Menata dan menyiapkanhidup sebaik mungkin sebagai putra-putri Allah, menjadi bekal kita untuk menghadapi akhir jaman.

Jaman akan berakhir dan kehidupan kita akan musnah, namun kita tidak perlu takut karena bersama Tuhan kita akan diselamatkan. Hidup, langit dan bumi akan lenyap tetapi Yesus Putra Allah, akan menjadi keselamatan bagi kita.

(Renungan Harian Mutiara Iman 2012, Yayasan Pustaka Nusatama, Yogyakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari