Rabu, 07 November 2012

Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat

Lukas 15:1-10: "Para pemungut cukai dan orang-orang berdosa biasanya datang kepada Yesus untuk mendengarkan Dia. Maka bersungut-sungutlah orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat, katanya: "Ia menerima orang-orang berdosa dan makan bersama-sama dengan mereka." Lalu Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: "Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya? Dan kalau ia telah menemukannya, ia meletakkannya di atas bahunya dengan gembira, dan setibanya di rumah ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetanggan serta berkata kepada mereka: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan. Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan." "Atau perempuan manakah yang mempunyai sepuluh dirham, dan jika ia kehilangan satu di antaranya, tidak menyalakan pelita dan menyapu rumah serta mencarinya dengan cermat sampai ia menemukannya? Dan kalau ia telah menemukannya, ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dirhamku yang hilang itu telah kutemukan. Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat."

Renungan hari ini :

Bacaan hari ini sungguh menyentuh hati kita sebagai manusia lemah yang kadang terjatuh dalam dosa. Bacaan Injil, ingin menyampaikan satu pesan dominan tentang betapa Yesus sangat mengasihi kita. Dalam bacaan tersebut dituliskan bagaimana Yesus "menerima orang-orang berdosa dan makan bersama-sama dengan mereka.” Pengalaman jatuh dalam dosa, tidak membuat Yesus meninggalkan umatNya. Tapi Ia justru terus mencari, dan ingin segera menyelamatkan manusia dari kejatuhan dosa. Ini sekaligus menjadi  keteladanan Yesus bahwa kita sebagai pengikutnya pun tidak seharusnya memilih milih dalam pergaulan. Di mata Tuhan, semua orang itu istimewa.

Dalam menunjukkan kecintaan Yesus pada kita, Yesus hanya menginginkan supaya kita bertobat dan tidak mengulangi kesalahan atau perbuatan-perbuatan dosa. Semangat pertobatan dalam diri, akan begitu membahagiakan Yesus, ibarat domba yang hilang telah ditemukan, sang gembala akan meletakkannya domba yang hilang dan ditemukan itu di atas bahunya dengan penuh kegembiraan. Bahkan sebagaimana sabda Yesus dalam bacaan hari ini, pertobatan seseorang akan membuat malaikat-malaikat Allah turut bersukacita, karena satu orang berdosa yang bertobat.  

Semoga melalui sabda Yesus hari ini, kita yang kadang jatuh dalam dosa-dosa yang sama, semakin menyadari kebaikan dan cinta Tuhan pada kita. Sehingga kita semakin menumbuhkan sikap pertobatan dan pembaharuan diri terus menerus. Supaya kasih Allah semakin sempurna kita alami dalam hidup.

Doa :

Tuhan Yesus, terima kasih atas cintaMu kepada kami. Walaupun kami sering jatuh dalam dosa yang sama, Engkau selalu menarik kami kembali pada jalanMu. Tunjukkanlah kami selalu jalan terang dan kebenaranMu. Agar pada saat kami kembali kepadaMu, kami dapat semakin bersukacita bersamaMu dan para malaikat kudusMu. Amin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari