Senin, 13 Agustus 2012

Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Surga?


Yeh. 2:8 - 3:4;

Dan engkau, anak manusia, dengarlah apa yang Kufirmankan kepadamu; janganlah memberontak seperti kaum pemberontak ini. Ngangakanlah mulutmu dan makanlah apa yang Kuberikan kepadamu." Aku melihat, sesungguhnya ada tangan yang terulur kepadaku, dan sungguh, dipegang-Nya sebuah gulungan kitab, lalu dibentangkan-Nya di hadapanku. Gulungan kitab itu ditulisi timbal balik dan di sana tertulis nyanyian-nyanyian ratapan, keluh kesah dan rintihan. Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, makanlah apa yang engkau lihat di sini; makanlah gulungan kitab ini dan pergilah, berbicaralah kepada kaum Israel." Maka kubukalah mulutku dan diberikan-Nya gulungan kitab itu kumakan. Lalu firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, makanlah gulungan kitab yang Kuberikan ini kepadamu dan isilah perutmu dengan itu." Lalu aku memakannya dan rasanya manis seperti madu dalam mulutku.  Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, mari, pergilah dan temuilah kaum Israel dan sampaikanlah perkataan-perkataan-Ku kepada mereka.

Mzm. 119:14,24,72,103,111,131;

Atas petunjuk peringatan-peringatan-Mu aku bergembira, seperti atas segala harta. Ya, peringatan-peringatan-Mu menjadi kegemaranku, menjadi penasihat-penasihatku. Taurat yang Kausampaikan adalah baik bagiku, lebih dari pada ribuan keping emas dan perak.  Betapa manisnya janji-Mu itu bagi langit-langitku, lebih dari pada madu bagi mulutku.  Peringatan-peringatan-Mu adalah milik pusakaku untuk selama-lamanya, sebab semuanya itu kegirangan hatiku.  Mulutku kungangakan dan megap-megap, sebab aku mendambakan perintah-perintah-Mu.

Mat. 18:1-5,10,12-14

Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: "Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?" Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga.  Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku." Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga. "Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu?  Dan Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat.  Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang."

Renungan:

Dalam Injil hari ini dikisahkan Tuhan Yesus yang sedang menanggapi salah satu pertanyaan "sulit" dari para murid- Nya. Mereka bertanya kepadaNya "Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Surga" itu?
Terhadap pertanyaan tersebut, Yesus bukan sekedar langsung memberikan jawabanNya tetapi lebih dulu Ia memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka. Yesus kemudian menjelaskan bahwa kebesaran/ keagungan seseorang tampak dari sikapnya terhadap anak kecil maupun sikapnya yang "seperti" anak. Seorang anak kecil, di satu pihak merupakan pribadi yang masih lemah karena belum dianggap mempunyai hak dan kewajiban yang penuh sebagai anggota masyarakat; di lain pihak ia merupakan pribadi yang lugu, jujur, spontan, terbuka, belum banyak terkontaminasi oleh pengaruh buruk dari dunia orang dewasa.
Dengan kata lain, menurut Yesus, orang yang (terbesar) dalam kerajaan surga adalah mereka yang tahu menghargai sesamanya yang kecil dan lemah sekaligus mereka yang berhati bersih dan terbuka dalam relasinya dengan Allah.

(Renungan Harian Mutiara Iman 2012, Yayasan Pustaka Nusatama,Yogyakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari