Minggu, 26 Agustus 2012

RSS Santapan Harian: Senin, 27 Agustus 2012 - Iman yang menatap ke depan (Kejadian 50:22-26)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Senin, 27 Agustus 2012 - Iman yang menatap ke depan (Kejadian 50:22-26)
Aug 26th 2012, 17:42

Judul: Iman yang menatap ke depan Kita sampai kepada penutup kitab pertama dalam Alkitab, yang sekaligus menjadi kesimpulan kisah Yusuf dan keluarga Yakub. Sampai akhir hidupnya, Yusuf tetap tinggal di Mesir dan seperti Yakub, ia diberi kesempatan menyaksikan kelahiran generasi baru dari putra-putranya. Identitas Yusuf benar-benar mencerminkan pengalaman Israel di tanah asing: sungguh-sungguh Israel, tetapi juga bagian tak terpisahkan dari Mesir, tanah asing itu. Juga seperti Yakub, menjelang ajal, Yusuf menitipkan pesan buat saudara-saudaranya, pesan yang dikukuhkan dengan sumpah.

Sebagai bangsawan Mesir, Yusuf masih tetap Israel yang yakin akan janji Tuhan dan menanti penggenapannya melampaui masa hidupnya sendiri. Ia yakin akan lawatan Allah atas umat-Nya yang akan membawa mereka ke Tanah Perjanjian. Kata yang diterjemahkan "memperhatikan" dalam Alkitab Indonesia sering digunakan dalam arti tindakan Tuhan yang melawat umat-Nya untuk menyelamatkan. "Allah akan melawat kamu!" Yusuf, pelindung saudara-saudaranya, hanya dapat memberi jaminan sementara. Namun karya penyelamatan yang jauh lebih besar masih akan dikerjakan Allah bagi umat-Nya.

Keyakinan itulah yang mendorongnya untuk berpesan agar tulang-belulangnya dibawa keluar kelak bersama keluarnya Israel dari Mesir. Tentu bukan tulang-belulang ini yang terpenting, melainkan janji Tuhan yang tetap diyakininya sampai akhir. Pesan Yusuf terwujud ketika Musa membawanya keluar bersama umat Israel (Kel. 13:19) dan ketika Yosua menguburkannya di Sikhem (Yos. 24:32).

Sebenarnya Tanah Perjanjian pun dimengerti hanya sebagai persinggahan bagi umat Tuhan. Penulis surat Ibrani menegaskan bahwa tokoh-tokoh iman seperti Abraham, Yakub, dan Yusuf, ternyata tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu. Sebab, Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi umat-Nya (Ibr 11:39). Inilah yang kita imani sementara menatap ke depan, ke negeri baru yang Tuhan sediakan bagi umat-Nya yang baru, yang melampaui batas Israel lahiriah (Why. 21:1-7)!

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/08/27/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari