Kamis, 16 Agustus 2012

Menjadi bijak dalam bersikap dan menjalankan tugas dan tanggungjawab kita

Matius 22:15-21

Kemudian pergilah orang-orang Farisi; mereka berunding bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan. Mereka menyuruh murid-murid mereka bersama-sama orang-orang Herodian bertanya kepada-Nya: "Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur dan dengan jujur mengajar jalan Allah dan Engkau tidak takut kepada siapapun juga, sebab Engkau tidak mencari muka. Katakanlah kepada kami pendapat-Mu: Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?" Tetapi Yesus mengetahui kejahatan hati mereka itu lalu berkata: "Mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik? Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak itu." Mereka membawa suatu dinar kepada-Nya. Maka Ia bertanya kepada mereka: "Gambar dan tulisan siapakah ini?" Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."

Renungan:

Hari ini kita merayakan hari Raya Kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Injil yang kita baca pada hari ini berisi pertanyaan jebakan orang Farisi kepada Yesus akan perlu atau tidaknya membayar pajak kepada Kaisar. Jawaban apapun dari Yesus, akan dapat menjadi persoalan, atau dipersoalkan baik oleh orang Farisi maupun oleh pengikut Herodes. Ada banyak persoalan politik saat itu. Untuk kita sekarang ini apa yang penting untuk dipahami dari bacaan Injil adalah perlunya kita sadar bahwa ada  tanggungjawab yang berbeda antara tanggungjawab kepada negara dan tanggungjawab kepada Gereja.

Orang katolik adalah warga Negara dan sekaligus warga gereja seratus persen. Ada tuntutan yang harus dipenuhi sebagai warga negara dan ada juga tuntutan yang harus dipenuhi sebagai warga gereja. Sebagai warga negara kita tidak dibenarkan untuk melalaikan kewajiban kita untuk membayar pajak atau kewajiban lainnya. Demikian juga sebagai warga gereja, kita juga tidak dibenarkan untuk melalaikan tanggungjawab kita. Yesus hari ini mengajar kepada kita untuk menjadi bijak dalam bersikap dan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab kita.

(Renungan Harian Mutiara Iman 2012, Yayasan Pustaka Nusatama,Yogyakarta)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari