Selasa, 14 Agustus 2012

RSS Santapan Harian: Rabu, 15 Agustus 2012 - Bukan sekadar alat penguasa (Kejadian 47:13-26)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com

Rabu, 15 Agustus 2012 - Bukan sekadar alat penguasa (Kejadian 47:13-26)
Aug 14th 2012, 17:42

Judul: Bukan sekadar alat penguasa Selain menyelamatkan keluarganya dari kelaparan (Kej. 47:11-12), misi dan tugas Yusuf yang lebih luas ialah menyelamatkan seisi negeri Mesir. Kondisinya sedemikian parah (13), tetapi, atas nama Firaun, Yusuf telah siap untuk menanggulangi bencana ini sesuai dengan rencana yang telah disingkapkan dari mimpi Firaun (Kej. 41:1-57). Sebagai wakil Firaun, Yusuf mengambil kebijakan yang memperkokoh dan memperkaya kerajaan (16-17).

Setelah uang dan ternak habis untuk membeli makanan, rakyat Mesir harus menyerahkan tanah dan tenaga mereka agar bisa makan (16-18). Jadi, sebelum terjadinya perhambaan atas anak-anak Israel dalam kitab Keluaran, Israel melalui Yusuf pernah memperhamba rakyat Mesir (21). Kalau begitu, apa bedanya? Apakah Yusuf menjadi perpanjangan tangan Firaun semata-mata untuk menindas rakyat yang tak berdaya? Wajar jika muncul kesan seperti itu. Namun, kita perlu mengingat luas dan dahsyatnya kelaparan yang melanda. Hanya suatu rencana dan pelaksanaan sistematis yang dapat menanggulanginya. Dalam arti ini, tindakan Yusuf atas nama kerajaan benar-benar merupakan tindakan penyelamatan. Di sini keturunan Abraham kembali menjadi berkat bagi bangsa Mesir. Tanpa kebijakan penyelamatan yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, niscaya seluruh rakyat akan binasa karena kelaparan.

Sentuhan manusiawi dalam transaksi antara rakyat dan kerajaan yang diberikan Yusuf adalah dengan mengabulkan permintaan mereka untuk mendapatkan benih bagi tanah mereka (23). Dengan pengecualian terhadap kaum imam, tanah rakyat menjadi milik Firaun, tetapi 80% hasilnya tetap menjadi hak mereka (24). Itu sebabnya mereka berkata kepada Yusuf, "Engkau telah memelihara hidup kami, asal kiranya kami mendapat kasih tuanku" (25).

Yusuf merupakan contoh nyata dari peran yang dilakukan umat Tuhan. Dalam situasi serba sulit, kita pun dapat dipakai Tuhan sebagai alat-Nya, yaitu sebagai kepanjangan tangan berkat-berkat Allah bagi dunia pada umumnya dan sesama kita pada khususnya.

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/08/15/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari