Selasa, 21 Agustus 2012

RSS Santapan Harian: Rabu, 22 Agustus 2012 - Wasiat berisi doa (Kejadian 49:13-21)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com

Rabu, 22 Agustus 2012 - Wasiat berisi doa (Kejadian 49:13-21)
Aug 21st 2012, 17:27

Judul: Wasiat berisi doa Bacaan hari ini berbicara tentang berkat kepada keturunan Yakub dari Lea (Zebulon, Isakhar), Zilpa -hamba Lea- (Gad, Asyer), serta Bilha -hamba Rahel- (Dan, Naftali). Masing-masing mendapat berkat yang berlainan sebagaimana watak mereka yang berbeda pula.

Apa yang dikatakan tentang para leluhur Israel ini terwujud dalam situasi kehidupan suku-suku Israel kemudian. Wilayah suku Zebulon terletak dekat pantai Laut Tengah, cocok sebagai pelabuhan (13). Isakhar dibandingkan dengan keledai beban yang kuat, yang menundukkan bahunya untuk memikul beban (14). Boleh jadi, gambaran ini berbicara tentang kehidupan suku Isakhar yang memilih untuk menghamba kepada suku atau bangsa lain. Nama Dan, yang seakar dengan kata kerja "dîn" ('mengadili'), akan berperan dalam peradilan (16; Kej. 30:6). Simson, salah seorang "hakim" terkenal, adalah orang Dan (Hak. 13). Suku ini digambarkan sebagai ular yang menyerang secara diam-diam, seperti yang dilakukan terhadap Lais (Hak. 18:1-2, 27-29). Keturunan Gad kelak berdiam di sebelah timur Sungai Yordan, daerah yang mudah diserang oleh Moab (Yos. 13:24-28; 2Raj. 3:4-5). Suku Asyer, seperti yang dinubuatkan, kelak tinggal di daerah yang subur (20). Gambaran rusa yang terlepas mengenai Naftali agaknya menunjuk kepada watak suku ini yang senang kebebasan (21).

Hubungan antara gambaran yang diberikan dan kenyataan hidup masing-masing suku keturunan leluhur Israel memperlihatkan bahwa masing-masing mereka memiliki peluang dan tantangan sesuai dengan watak dan perilakunya.

Menariknya, di tengah-tengah wasiat Yakub terselip seruan akan keselamatan dari Tuhan (18). Ada yang berpendapat, seruan ini "mengganggu" alur pesannya. Namun, kita dapat memaknai seruan itu sebagai sebuah doa di tengah-tengah segala tantangan hidup yang telah dilihat oleh Yakub bahkan sebelum hal itu terjadi. Bukankah seruan seperti ini yang perlu kita ungkapkan kepada Tuhan ketika menatap ke hari depan yang penuh tantangan bagi kita dan anak cucu kita?

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/08/22/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari