Rabu, 22 Agustus 2012

RSS Santapan Harian: Kamis, 23 Agustus 2012 - Berkat dan perlindungan Allah (Kejadian 49:22-28)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Kamis, 23 Agustus 2012 - Berkat dan perlindungan Allah (Kejadian 49:22-28)
Aug 22nd 2012, 17:32

Judul: Berkat dan perlindungan Allah Tentang wasiat Yakub kepada kedua putra Rahel, Yusuf dan Benyamin, kita lihat bahwa pesan untuk Yusuf lebih banyak dan positif ketimbang Benyamin. Secara singkat dapat dicatat, Benyamin dibandingkan dengan serigala yang menerkam (27). Gambaran ini cocok untuk suku Benyamin yang dikenal kelak sebagai pejuang yang ganas (Hak. 12:30; 19-21).

Yusuf sebagai "orang yang teristimewa di antara saudara-saudaranya" (26) menerima berkat yang khusus dari ayahnya. Ia dibandingkan dengan pohon buah-buahan muda yang tumbuh subur (22), yang menerima kelimpahan air dari atas dan bawah (25). Sungguh luar biasa berkat yang diterima Yusuf dalam wasiat Yakub tersebut.

Namun, kehidupan dan berkat yang berlimpah seperti itu tidaklah menjadikan kehidupan Yusuf dan keturunannya terbebas dari tantangan. Kekayaan yang dinikmati oleh Yusuf dan keturunannya pada gilirannya akan menyulut kecemburuan dan permusuhan dari lawan-lawannya. Inilah yang digambarkan sebagai para pemanah yang menyerangnya (23).

Kelak keturunan Yusuf berperan penting dalam kehidupan suku-suku Israel di tanah Kanaan. Yosua, tokoh yang memimpin Israel masuk ke Kanaan dan membagi-bagi tanah itu di antara suku-suku Israel adalah seorang Efraim. Samuel bin Elkana, yang mengurapi Saul dan Daud, juga berasal dari suku Efraim (1Sam 1:1).

Segala kelimpahan dan berkat serta kekuatan mengatasi para lawan diyakini bersumber dari Allah yang disebut berulang kali dengan beragam gelar "Yang Mahakuat, pelindung Yakub", "Gunung Batu Israel" dan "Allah Yang Mahakuasa". Keyakinan yang sama kiranya juga mengilhami hidup kita sebagai umat yang diberkati Tuhan. Kehidupan kita pun tidak akan kebal dari tantangan dan kesulitan. Namun, kita pun dapat meyakini bahwa Allah yang melindungi Yusuf adalah Allah yang juga akan melindungi kita. Dialah sumber berkat dan kekuatan yang sungguh-sungguh dapat diandalkan, baik pada masa kelimpahan maupun pada masa penuh tantangan.

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/08/23/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari