Senin, 27 Agustus 2012

RSS Santapan Harian: Selasa, 28 Agustus 2012 - Hamba Kristus Yesus (Filipi 1:1-2)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Selasa, 28 Agustus 2012 - Hamba Kristus Yesus (Filipi 1:1-2)
Aug 27th 2012, 17:34

Judul: Hamba Kristus Yesus Berbeda dengan kebanyakan surat-suratnya, Paulus memperkenalkan dirinya kepada jemaat di Filipi bukan sebagai rasul melainkan sebagai hamba Kristus Yesus. Ini menunjukkan betapa dekat dan mesranya hubungan antara Paulus dan jemaat di Filipi, sehingga ia tidak perlu menunjukkan otoritas kerasulannya.

Ketika gelar 'rasul' dilekatkan pada diri seseorang, maka melekat pula otoritas dan kepemimpin Ilahi pada orang tersebut. Sebaliknya ketika kata 'hamba' yang dilekatkan pada diri seseorang, maka tidak ada otoritas dan kuasa yang melekat pada orang tersebut. Seorang hamba adalah milik tuannya, ia mengerjakan pekerjaan-pekerjaan tuannya dan ia tunduk kepada perintah-perintah tuannya. Seorang hamba Kristus Yesus adalah milik Yesus, yang melakukan pekerjaan-pekerjaan serta taat sepenuhnya kepada Dia.

Surat Filipi ditulis dari balik jeruji besi pemenjaraan Paulus. Sang rasul tidak sedang di dalam keadaan yang nyaman dan menyenangkan. Penerima surat, yakni jemaat di Filipi, sungguh mengasihi Paulus dan mereka resah karena mengkhawatirkan nasib sang rasul. Namun demikian, salam Paulus sungguh menguatkan mereka. Paulus menguatkan segenap jemaat bahwa dirinya tetaplah hamba milik Kristus, meskipun ia sedang berada di dalam penjara di bawah otoritas pemerintah Romawi. Pemenjaraan dan siksaan tidak mengubah status Paulus sebagai hamba Kristus Yesus. Paulus juga meyakinkan jemaat di Filipi bahwa pemenjaraannya tidak disebabkan oleh kesalahan manusia atau tindak kriminal, tetapi karena ketaatannya sebagai seorang hamba.

Salam Paulus mengajak kita untuk merenungkan status kita sebagai hamba-hamba Kristus Yesus. Sadarkah bahwa kita ini milik-Nya? Kita telah dibeli dengan harga yang mahal untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan-Nya. Sudahkah kita taat kepada panggilan-Nya itu? Sudahkah Kristus diberitakan melalui hidup kita? Ataukah tekanan dan siksaan telah mengalihkan panggilan Tuhan di dalam hidup kita? Tetaplah setia karena kita ini adalah hamba-hamba-Nya semata!

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/08/28/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari