Senin, 13 Agustus 2012

RSS Santapan Harian: Selasa, 14 Agustus 2012 - Pertemuan yang membawa berkat (Kejadian 47:1-12)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Selasa, 14 Agustus 2012 - Pertemuan yang membawa berkat (Kejadian 47:1-12)
Aug 13th 2012, 17:37

Judul: Pertemuan yang membawa berkat Akhirnya, keluarga Yakub bertemu dengan Firaun sebagaimana telah diatur oleh Yusuf (Kej. 46:31-33). Sebagai pejabat tinggi, Yusuf tahu bagaimana bersikap dan berbicara di hadapan Firaun. Yusuf memilih lima orang saudaranya untuk menyertai dia menghadap Firaun (2). Kita tidak tahu siapa saja yang termasuk kelima orang itu.

Sesuai anjuran Yusuf, mereka pun mengaku sebagai gembala domba, pekerjaan yang hina di mata orang Mesir. Karena itu, permohonan mereka untuk tinggal di tanah penggembalaan Gosyen (4) mengisyaratkan bahwa mereka bukan ancaman bagi Mesir. Mereka tidak berniat memanfaatkan kedudukan Yusuf untuk mencari kekuasaan.

Dibandingkan dengan Firaun, Yakub bukanlah siapa-siapa. Firaun adalah penguasa, Yakub tidak punya kuasa apa-apa. Namun tidak berarti Yakub hanya mengemis kemurahan hati Firauan. Memang Firaun berkuasa mengabulkan permintaan Yakub untuk tinggal di Gosyen (6), tetapi dalam pertemuan yang singkat itu sampai dua kali disebutkan bahwa Yakub "memohonkan berkat" bagi Firaun (7, 10). Istilah "barakh" memiliki arti dasar "memberkati", baik dalam arti "memohonkan berkat" maupun "menjadi berkat." Usia Yakub yang sudah sangat lanjut (9) menempatkannya dalam posisi memungkinkan hal ini.

Namun di balik semua itu, Yakub yang telah melalui pasang surut kehidupan tetaplah Yakub yang mengusung janji Tuhan kepada Abraham (Kej. 12:1-3). Tak terkecuali, Mesir pun diberkati lewat Israel (Kej. 12:3)!

Umat Tuhan dapat belajar dari pertemuan unik ini. Memang Yakub dibawa menghadap Firaun untuk memohon kemurahan hatinya. Namun sebenarnya, Firaunlah yang menghadap Yakub selaku pembawa berkat! Dalam hidup di dunia, kita membutuhkan kedua perspektif ini. Kita perlu belajar merendah memohon bantuan kepada pihak lain bilamana perlu. Namun, sebagai umat Tuhan, kita memiliki harkat yang memampukan kita tetap menegakkan kepala menghadapi siapa pun di dunia. Tentu saja, sebagai pembawa berkat Allah!

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/08/14/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari