Rabu, 08 Agustus 2012

RSS Santapan Harian: Kamis, 9 Agustus 2012 - Pemeliharaan Allah (Kejadian 45:1-15)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Kamis, 9 Agustus 2012 - Pemeliharaan Allah (Kejadian 45:1-15)
Aug 8th 2012, 17:13

Judul: Pemeliharaan Allah Nas hari ini secara tegas menyatakan bagaimana Allah memelihara bangsa Israel. Pemeliharaan ini dimulai dengan dijualnya Yusuf oleh saudara-saudaranya ke pedagang Midian, yang nantinya menjual Yusuf ke tanah Mesir. Meskipun saudara-saudara Yusuf ingin menyingkirkannya, Allah memakai tindakan itu untuk menggenapi rencana besar-Nya. Dia telah mengirim Yusuf lebih awal untuk menjamin kehidupan keluarganya (5-7), menyelamatkan Mesir (8), dan mempersiapkan jalan bagi cikal bakal bangsa Israel (9-11).

Hal inilah yang Yusuf nyatakan dalam pidato perkenalannya kepada saudara-saudaranya (3-13). Yusuf tidak menyalahkan saudara-saudaranya tentang apa yang telah mereka perbuat. Yusuf menyatakan bahwa Allahlah yang telah mengatur semuanya (8). Pernyataan ini oleh Yusuf akan diulangi lagi ketika saudara-saudaranya datang untuk menyatakan rasa bersalah mereka atas apa yang telah mereka lakukan, setelah kematian ayah mereka (Kej. 50:20). Yusuf menyatakan bahwa pemeliharaan Allah telah bekerja melampaui dosa mereka (5).

Pemahaman Yusuf akan pemeliharaan Allah membuat Yusuf tidak dendam atas apa yang telah mereka lakukan terhadap dirinya. Yusuf tidak membiarkan para saudaranya takut dan gentar. Ia bahkan menghibur saudara-saudaranya. Hal itu ia nyatakan dengan menggunakan nama Ibraninya -Yusuf- ketika ia memperkenal dirinya kepada mereka (3), bukan -Zafnat Paaneah- nama Mesirnya (Kej. 41:45).

Pemeliharaan Allah sungguh nyata dalam bentuk campur tangan-Nya dalam hidup kita. Rencana-Nya tidak ditentukan oleh tindakan manusia. Allah dapat bekerja melalui segala tindakan apa pun. Apa yang terjadi pada Yusuf dapat pula terjadi dalam kehidupan kita! Allah punya rencana yang indah ketika orang lain berniat jahat terhadap kita. Ingatlah bahwa mereka hanya alat Tuhan. Kedaulatan Allah dan pemeliharaan Allah berada di atas dan melampaui tindakan-tindakan mereka terhadap kita. Allah turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi kita umat-Nya.

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/08/09/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari