Kamis, 09 Agustus 2012

RSS Santapan Harian: Jumat, 10 Agustus 2012 - Tiada perdamaian tanpa pengampunan (Kejadian 45:16-28)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Jumat, 10 Agustus 2012 - Tiada perdamaian tanpa pengampunan (Kejadian 45:16-28)
Aug 9th 2012, 17:18

Judul: Tiada perdamaian tanpa pengampunan Yusuf tahu bahwa ia tidak dapat melupakan apa yang telah dilakukan saudara-saudaranya. Tidak mudah baginya untuk mengampuni mereka, tetapi kasih dan pertolongan Allah yang ia alami telah mendorong dirinya untuk mengampuni orang yang telah bersalah padanya. Ia sadar bahwa jalan perdamaian dengan saudara-saudaranya adalah melalui pengampunan yang ia berikan kepada mereka. Yusuf mau berdamai dan bersedia mengampuni saudara-saudaranya itu.

Pengampunan Yusuf dinyatakan ketika ia dengan murah hati mau memaafkan mereka dan berbagi hartanya meskipun saudara-saudaranya itu tidak setia kepadanya (22). Yusuf memberikan kepada mereka masing-masing sepotong pesalin untuk dipakai sebagai ganti baju mereka yang lama. Pada masa perjanjian lama, penggantian pakaian atau baju melambangkan terjadinya perdamaian (Kej. 35:1-7; 41:14). Pemberian pesalin dari Yusuf kepada masing-masing saudaranya menunjukkan bahwa Yusuf telah mengampuni mereka. Yusuf berharap, melalui pendamaian ini, kesebelas saudaranya dapat memusatkan perhatian untuk mengurus perpindahan keluarga mereka dan menjemput ayah mereka ke tanah Mesir agar mereka semua selamat dari bahaya kelaparan. Hal ini ia nyatakan sewaktu mengantar mereka pulang dengan menasihati mereka untuk tidak bertengkar di jalan (24), karena Yusuf tahu watak dari kesebelas saudaranya (Kej. 42:21-22).

Tindakan Yusuf kepada saudara-saudaranya itu merupakan suatu gambaran kasih karunia sebagaimana yang Allah tunjukkan melalui Yesus Kristus kepada kita. Allah telah mengampuni dosa dan kesalahan kita dan Ia telah bersedia untuk mencurahkan kebaikan-Nya kepada kita melalui Yesus Kristus. Sebenarnya kita tidak pantas untuk menerima pengampunan itu, tetapi karena anugerah Tuhan kita dapat memperolehnya. Oleh karena itu mengucap syukurlah atas keselamatan yang telah kita terima dengan cuma-cuma dan peganglah keselamatan itu erat-erat dengan cara menjalani hidup kita dengan tidak bermain-main lagi dengan dosa.

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/08/10/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari