Minggu, 11 Maret 2012

Fokus pada Kasih dan Karunia Tuhan bukan pada Masalah

Ayat Renungan Harian Kristen hari ini :

"Muliakanlah Tuhan bersama-sama dengan aku, marilah kita bersama-sama memasyhurkan nama-Nya" (Mazmur 34:4).

Selama berabad-abad, jauh sebelum penemuan kacamata, orang menggunakan kaca pembesar untuk membaca cetakan yang berhuruf kecil atau membantu mereka untuk melihat lebih baik. Tentu saja, kaca pembesar tidak benar-benar mengubah ukuran sesuatu, ia mengubah perspektif anda sehingga tampak lebih besar pada penglihatan anda.

Menariknya, pikiran kita bekerja layaknya seperti kaca pembesar. Semakin anda memikirkan sesuatu, semakin besar anda melihat hal itu terjadi. Ketika anda fokuskan perhatian pada situasi anda, tidak benar-benar mengubah apa pun di alam, tetapi situasi anda menjadi lebih besar dan lebih besar dalam pikiran anda. Membesarkan hal yang salah dapat secara cepat membawa hidup anda pada jalan yang salah. Itu sebabnya kita harus menjaga hal-hal dalam perspektif yang benar dan tahu kapan harus berhenti memikirkan hal yang tidak dapat kita tidak rubah. Jika anda terus fokus pada masalah anda, mereka (masalah anda) bisa menjadi begitu besar dalam pikiran anda bahkan anda benar-benar dapat tenggelam dalam masalah-masalah tersebut. Tapi ketika anda berfokus pada Tuhan dan memuliakan-Nya dalam hidup anda, semua hal dari dunia ini; tantangan, hambatan dan kekecewaan semuanya akan lenyap begitu saja.

Berikut adalah cara lain untuk menggambarkan penjelasan di atas: jika anda memegang uang logam di tangan anda dengan posisi lengan terentang dan satu mata ditutup, uang logamnya tampaknya kecil dibandingkan dengan segala sesuatu yang anda lihat di sekitar anda. Tetapi jika anda menarik uang logam lebih dekat ke mata anda, maka akan tampak jauh lebih besar. Bahkan, jika anda memegangnya dengan sangat dekat dengan mata, anda tidak akan dapat melihat hal lain. Inilah yang sering terjadi dalam hidup - kesulitan dan tantangan yang tampaknya jauh lebih besar dari apa yang sebenarnya, hanya karena kita menaruh mereka lebih dekat dari yang diperlukan.

Perspektif yang salah akan membawa anda ke jalan yang salah, tetapi mengubah perspektif anda dapat terjadi dalam hitungan detik hanya dengan mengubah fokus anda. Ketika saya menghadapi tantangan, saya mengingatkan diriku pada semua hal besar yang telah Tuhan lakukan bagi saya. Saya mulai berterima kasih karena telah mengizinkan saya untuk mengenal Dia, saya berterima kasih untuk keluarga saya, pekrjaan saya, teman-teman saya bahkan segala hal yang telah DIA karuniakan dalam hidup saya. Saya ingat bagaimana Tuhan membawa saya melalui ujian, masa lalu dan kesulitan. Saya selalu takjub melihat betapa perubahan perspektif saya ketika saya memiliki hati yang bersyukur dan memilih untuk memperbesar/fokus pada hal yang benar dalam hidup saya!

Saat ini, saya mendorong anda untuk melakukan inventarisasi pikiran anda. Anda dapat membuat daftar semua hal yang dikaruniakan-Nya dalam kehidupan anda sekarang. Pegang daftar itu di depan anda dan renungkanlah tentang seberapa besar Allahmu! Mintalah Dia untuk menyatakan diri-Nya kepada anda dalam cara yang lebih besar. Nyanyikan sebuah lagu pujian kepada-Nya saat anda melepas daftar itu ke dalam pelukan kasihNya. Ingat, muliakan Dia dan lihat segala beban dan masalah duniawi anda akan hilang. Amin !

"Segala perkara dapat kutanggung di dalam DIA yang memberi kekuatan kepadaku"
(Filipi 4:13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari