Sabtu, 24 Maret 2012

RS: Factor of Spiritual Growth

Guys, selama lima hari ini, kita telah belajar, mengenai pertumbuhan rohani, dan hari ini kita telah sampai pada aspek yang terakhir. Kita akan memulai dengan apa yang tertulis di dalam 1 Kor 3:6,9, "Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan... Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah." Apa yang tersirat dari ayat firman Tuhan ini menunjukkan bahwa tiga faktor penting di dalam proses pertumbuhan rohani kita. 

Yang PERTAMA adalah ALLAH. Dia adalah faktor dan bagian yang TERPENTING dari pertumbuhan rohani kita, karena ... Allah yang memberi pertumbuhan (1 Kor 3:7). Dia adalah sumber dari segala kasih karunia yang  kita perlukan dan butuhkan, supaya kita boleh bertumbuh dan menjadi serupa dengan Kristus. Sebab itu, kita perlu senantiasa hidup melekat dan terpaut dengan Dia (Yoh 15:5). 

Yang KEDUA adalah ORANG LAIN. Ada tiga jenis orang yang memiliki peranan di dalam pertumbuhan rohani kita.
a. MENTOR. Inilah berbicara tentang mereka yang akan 'menyirami' hidup kita, agar kita boleh bertumbuh dan menjadi serupa dengan Kristus. Orang-orang yang akan mengajar, menuntun dan mendoakan kita. Mereka ini bisa gembala sidang, ketua komsel, atau pembimbing rohani kita.
b. KOMUNITAS SEL. Ini berbicara tentang satu wadah dimana kita boleh saling menguatkan, memperlengkapi, mendoakan dan membangun, supaya kita boleh bertumbuh dan menjadi serupa dengan Kristus.
c. IRON MAN. Ini berbicara tentang mereka yang akan 'menajamkan' kita dari waktu ke waktu, agar kita boleh makin bertumbuh dan menjadi serupa dengan Kristus, seperti tertulis dalam Ams 27:17, "Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya." Ini berbicara tentang 'the bad guys' yang ada di sekitar kita, tetapi justru lewat mereka lah, manusia rohani kita makin dipertajam di dalam Dia.

Yang KETIGA adalah DIRI KITA. Alkitab menulis, "Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah." (1 Kor 3:9). Kita ini adalah ladang dan bangunan Allah, dan Ia telah mengaruniakan berbagai hal kepada kita, agar kita boleh bertumbuh dan menjadi serupa dengan Kristus, tetapi semuanya itu tidak akan memberikan hasil apapun, kecuali ... kita mulai melakukan apa yang menjadi bagian kita dengan semaksimal mungkin.

Akhirnya, mari kita mau bertumbuh dan menjadi serupa dengan Kristus Yesus, Tuhan kita. Iya, memang ada harga yang mahal dan proses yang tidak mudah, tetapi oleh kasih karunia Allah kita pasti bisa melakukannya dan ... ada berkat yang besar di balik pertumbuhan rohani kita. Gbu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari