Minggu, 14 Oktober 2012

Syarat Menerima Kerajaan Allah adalah percaya dan bertobat

Lukas 11:29-32

Ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini. Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo! Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!"

Renungan :

Yesus menghadapi orang-orang yang menuntut suatu tanda daripadaNya. Mereka disebut "angkatan yang jahat" oleh Yesus. Yesus sudah membuat banyak tanda, tapi Ia bukan tukang sulap yang menunjukkan kebolehannya dan identitasnya dengan trik-trik. Segala mukjizat yang dilakukan Yesus adalah tanda bahwa Kerajaan Allah sudah datang dan ada di tengah-tengah mereka. Bila Kerajaan itu terwujud sepenuhnya, maka tak ada lagi kejahatan, penderitaan atau maut. Itulah sebabnya Ia mengusir roh-roh jahat, membuat orang bertobat, menyembuhkan aneka penyakit dan membangkitkan orang mati.

Syarat untuk menerima Kerajaan itu ialah percaya dengan rendah hati dan bertobat. Orang-orang yang disebut "angkatan jahat" oleh Yesus tidak percaya dan mengeraskan hati untuk tidak mau percaya, apalagi bertobat. Yesus membandingkan mereka dengan orang Niniwe yang bertobat karena pewartaan Yunus. Sedangkan mereka ini menolak untuk bertobat, sekalipun

Yesus lebih dari Yunus, seorang tokoh dalam cerita yang menggambarkan belaskasih Allah yang tidak terbatas.

Dibanding dengan Yunus, Yesus adalah tokoh nyata yang sekarang ada di depan mereka. Sekiranya mereka mau membuka hati, mereka harus mengakui Dia sebagai utusan Allah, bahkan lebih dari itu, seperti keluar dari mulut Simon Petrus, "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" Tanda-tanda apakah yang sudah saya lihat dan alami dalam hidupku yang menandakan Kerajaan Allah sungguh hadir?

Sumber 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari