Senin, 21 Mei 2012

Saat Teduh: Sumber Perubahan Hidup

Saat Teduh
Sesaat Bersama Tuhan // via fulltextrssfeed.com
Sumber Perubahan Hidup
May 22nd 2012, 00:01

Posted on Selasa, 22 Mei, 2012 by saatteduh

- Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus -

Menjelang Pentakosta

Bacaan Alkitab hari ini: Yehezkiel 36:16-36

Sifat dosa dalam diri manusia membuat manusia lebih suka berbuat dosa daripada melakukan kebenaran. Bila manusia terus-menerus mengabaikan teguran Allah, hatinya akan menjadi semakin keras. Hanya Roh Kudus yang bisa membuat manusia menjadi lebih menyukai kebenaran Allah.

Dalam bacaan hari ini, Allah memberikan janji pemulihan bagi bangsa Israel yang berada dalam pembuangan. Janji pemulihan ini bukan hanya menyangkut janji pemulihan secara fisik (36:24, 28-30, 33-36), melainkan juga janji pemulihan secara rohani (36:25-27, 31). Walaupun janji-janji ini ditujukan bagi bangsa Israel, janji-janji ini (khususnya dalam aspek rohani) dapat pula kita pandang sebagai berlaku pula bagi orang percaya yang merupakan keturunan Abraham secara rohani.

Peraturan atau hukum saja tidak bisa mengubah kehidupan seseorang. Kecenderungan manusia untuk melawan hukum Allah membuat bangsa Israel tidak betah untuk terus hidup dalam ketaatan. Saat mereka memiliki pemimpin yang takut akan Allah, mungkin saja mereka taat kepada Allah karena mereka takut menghadapi hukuman Allah. Akan tetapi, saat pemimpin mereka meninggalkan Tuhan, mereka ikut meninggalkan Tuhan karena manusia memang memiliki kecenderungan untuk memberontak kepada Allah. Hanya Roh Kudus yang sanggup mengubah kecenderungan manusia untuk memberontak menjadi taat terhadap kehendak Allah.

Dalam Perjanjian Baru, pekerjaan Roh Kudus untuk mengubah kehidup-an ini terlihat dari perubahan hidup pada diri murid-murid Tuhan Yesus sesudah Roh kudus dicurahkan pada hari Pentakosta. Salah seorang murid Tuhan Yesus yang mengalami perubahan hidup secara drastis adalah Rasul Petrus yang berubah dari seorang pengecut menjadi seorang pemberani.[P]

Yehezkiel 36:27 "Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya."

Like this:

Be the first to like this post.

Filed under: Renungan Harian

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari