Kamis, 24 Mei 2012

Saat Teduh: Hubungan yang saling mengasihi

Saat Teduh
Sesaat Bersama Tuhan // via fulltextrssfeed.com
Hubungan yang saling mengasihi
May 23rd 2012, 23:17

Posted on Kamis, 24 Mei, 2012 by saatteduh

Baca: Kolose 3:18-4:1

Sebuah kerangka acuan akan berguna kalau kita menyadari apa yang menjadi latar belakang dan tujuan dari pembuatan kerangka acuan itu. Tanpa memahami dengan benar kerangka acuan itu kita akan terjebak pada aturan-aturannya saja tanpa melihat tujuan keseluruhan dari kerangka acuan tersebut.

Tugas suami dan tugas istri adalah sama yaitu saling mengasihi. Hanya peran dari masing-masing saja yang berbeda. Jika peranan itu dilepaskan dari intinya, yaitu saling mengasihi tadi, maka dengan mudah kita mengatakan yang satu lebih berat dari yang lain. Atau, muncul suatu sikap di mana yang satu merasa memiliki kedudukan yang lebih tinggi daripada yang lain. Yang satu merasa arogan sebagai kepala dan yang lain harus lebih rendah. Suami lebih tinggi dari pada istri dan anak lebih rendah dari pada orang tuanya. Seringkali kasus-kasus kekerasan dalam rumah tangga yang terjadi adalah karena manusia gagal memahami dan mempraktekkan prinsip semacam ini.

Hubungan antara tuan dan hamba pun (4:1) ingin mengatakan bahwa tuan tidak lebih tinggi dari pada hamba. Keduanya sama di hadapan Tuhan yaitu ciptaan-Nya. Dan baik tuan maupun hamba, semua harus bertanggungjawab kepada Tuhan. Bahkan perlakuan terhadap sesama baik hamba maupun tuan harus dilandasi motivasi menyenangkan Tuhan bukan semata manusia.

Sudut pandang yang menekankan saling mengasihi tanpa memandang tinggi rendah itu adalah baik sekali. Ada banyak kesalahpahaman yang dapat lebih diredam melalui sudut pandang ini. Ada banyak luka yang lebih dapat dihindarkan jika kita merangkul sudut pandang ini. Mungkin gaya hidup seperti ini akan terasa aneh pada awalnya, serta sulit untuk dijalankan. Namun hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dikerjakan. Jika kita setia, maka hubungan yang indah di dalam keluarga pun dapat dipakai sebagai sarana untuk memuliakan Tuhan. Mari kita membangun hubungan yang saling mengasihi di lingkungan mana pun kita berada terutama llingkungan dekat kita.

Dikutip dari Santapan Harian. Hak Cipta : Yayasan Persekutuan   Pembaca Alkitab. Isi Santapan Harian lainnya seperti pengantar kitab,  artikel ringkas, sisipan, dlsb. dapat diperoleh dengan membeli buku Santapan Harian dari Yayasan PPA: Jl. Pintu Air Raya No 7 Blok C4, Jakarta 10710, ph:3442461-2; 3519742-3; Fax: 344972; email:   ppa@ppa.or.id.Informasi lengkap : PPA di: http://www.ppa.or.id

Like this:

Be the first to like this post.

Filed under: Renungan Harian

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari