Selasa, 22 Mei 2012

Saat Teduh: Penolong Saat Kita Berdoa

Saat Teduh
Sesaat Bersama Tuhan // via fulltextrssfeed.com
Penolong Saat Kita Berdoa
May 23rd 2012, 00:01

Posted on Rabu, 23 Mei, 2012 by saatteduh

- Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus -

Menjelang Pentakosta

Bacaan Alkitab hari ini: Kisah Para Rasul 13:1-4

Doa tanpa pertolongan Roh Kudus akan tidak terarah dan berpusat pada diri sendiri. Bila kita bersandar pada pertolongan Roh Kudus, Roh Kudus akan mengarahkan doa kita dan menolong kita mengungkapkan isi hati kita, sehingga doa kita sesuai dengan kehendak dan rencana Allah.

Kata leitourgountōn (bahasa Yunani) yang diterjemahkan menjadi "beribadah" dalam 13:2 dipakai pula dalam Septuaginta (terjemahan Perjanjian Lama dalam bahasa Yunani) untuk menerjemahkan kata Ibrani yang menunjuk kepada pelayanan ibadah (kebaktian) yang diselenggarakan oleh para imam di Kemah Suci, dan kemudian juga di Bait Suci. Hal ini terlihat pula dalam pemakaian kata tersebut untuk menunjuk kepada jabatan (pelayanan) di Bait Suci dalam Lukas 1:23. Dalam Kisah Para Rasul 13:2, kata tersebut berubah makna dan dipakai untuk menunjuk kepada ibadah Kristen (yang tidak berkaitan dengan pelayanan seorang imam), yaitu sekumpulan orang Kristen yang berdoa bersama. Dalam ibadah tersebut, Roh Kudus berbicara kepada orang-orang yang menjalankan fungsi kenabian (13:1-2) atau mungkin langsung kepada Barnabas dan Saulus.

Bagaimanakah kehidupan doa Anda? Apakah doa telah menjadi bagian penting dalam relasi Anda dengan Allah? Atau sebaliknya, apakah doa hanya merupakan formalitas yang terasa menjemukan? Menurut Roma 8:26-27, Roh Kuduslah yang bisa menolong agar doa kita tidak menjadi doa yang mementingkan diri sendiri, melainkan menjadi doa yang sesuai dengan kehendak Allah. Bila kita berdoa sesuai dengan kehendak Allah, maka Allah akan menyatakan kehendak-Nya kepada kita. Bila kehidupan doa Anda masih belum normal, Anda harus segera memohon pertolongan Roh Kudus agar Anda bisa berdoa sesuai dengan kehendak Allah! [P]

Roma 8:26 "Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan."

Like this:

Be the first to like this post.

Filed under: Renungan Harian

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari