Rabu, 02 Mei 2012

RSS Santapan Harian: Kamis, 3 Mei 2012 - Kedaulatan dan kemurahan Allah (Roma 9:14-29)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com

Kamis, 3 Mei 2012 - Kedaulatan dan kemurahan Allah (Roma 9:14-29)
May 2nd 2012, 16:58

Judul: Kedaulatan dan kemurahan Allah Berbicara tentang Allah yang telah memilih Yakub, tetapi menolak Esau bukanlah hal yang mudah. Ada kesan bahwa Allah pilih kasih kepada manusia. Namun benarkah demikian? Paulus menghadapi dua keberatan dari para lawannya mengenai sifat Allah tersebut. Keberatan pertama; apakah Allah telah bersikap tidak adil? Paulus menjawab tidak. Pemilihan Allah berdasarkan kedaulatan-Nya yang mutlak, tidak tergantung pada kehendak dan perbuatan manusia. Bahkan kekerasan hati Firaun pun, dapat dipakai Allah untuk menunjukkan kuasa dan kemuliaan-Nya di seluruh bumi.

Keberatan kedua, jika segala sesuatu berjalan sesuai dengan ketetapan Allah, mengapa manusia dipersalahkan atas perbuatan dosa mereka? Bukankah itu sesuai kehendak-Nya? Menjawab ini, Paulus menunjukkan bahwa Allah sebagai Pencipta berhak untuk memilih siapa pun yang Dia kehendaki. Manusia tidak memiliki kapasitas atau hak untuk mempertanyakan kebijaksanaan Tuhan. Di dalam bijaksana-Nya, Tuhan selalu mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Entah kepada orang-orang durhaka ataukah orang-orang pilihan, Entah melalui murka ataukah melalui kesabaran. Allah selalu bertindak demi tujuan agar kuasa dan kemuliaan-Nya menjadi nyata. Ketika Allah memilih Israel dan bukan bangsa yang lain, bukan berarti Dia sedang tidak berlaku adil, melainkan karena Allah mempunyai maksud dan tujuan untuk bangsa Israel maupun bangsa-bangsa lain. Sebab jika Allah semata-mata hanya ingin menunjukkan keadilan-Nya, maka jangankan bangsa-bangsa lain, Israel pun akan lenyap tak bersisa bagaikan Sodom dan Gomora.

Demikianlah, Allah telah memilih kita berdasarkan kedaulatan serta kemurahan-Nya. Kita tidak patut mempertanyakan kebijaksanaan Allah tersebut. Yang perlu kita lakukan adalah bersyukur dan memuliakan Dia atas kasih karunia-Nya yang telah memilih untuk menyelamatkan kita. Di samping itu, kita pun harus berdoa untuk orang-orang di sekitar kita agar mereka pun boleh menerima anugerah keselamatan itu.

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/05/03/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari