Kamis, 27 September 2012

Penolakan

Luk 9:19-22

Jawab mereka: "Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit." Yesus bertanya kepada mereka: "Menurut kamu, siapakah Aku ini?" Jawab Petrus: "Mesias dari Allah." Lalu Yesus melarang mereka dengan keras, supaya mereka jangan memberitahukan hal itu kepada siapapun. Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga."

Renungan :

Yesus sudah pernah mengatakan kepada para muridNya bahwa para tua-tua, para imam kepala dan ahli-ahli Taurat pada zaman itu telah menolak Yesus. Sehingga Yesus harus menanggung banyak penderitaan yang lalu dibunuh. Namun setelah Yesus bangkit pada hari ketiga dan naik ke surge ternyata masih ada penolakan akan Yesus, bahkan sampai hari ini. Siapa yang menolak Yesus sampai saat ini? Kita sendirilah yang kadang tidak menyadari telah menolak Yesus yang datang ke dalam hati kita dan melalui orang lain di sekitar kita. Penolakan yang kita lakukan tersebut misalnya suka tidak mendengarkan orang tua yang selalu mengingatkan kita untuk belajar, atau melalui orang-orang disekitar kita, dan bahkan melalui sabda-sabdaNya yang kita dengarkan. Penolakan terhadap ajakan kebaikan, sebenarnya kita juga sedang menolak Yesus. Penolakan tersebut tentu membuat Yesus akan kecewa. Sekarang marilah kita ubah diri kita untuk menerima Yesus dengan lebih mendengarkan suara hati kita, dan suara Yesus lewat sesama kita.

DOA : 

Ya Tuhan Yesus, saya tidak ingin menolakMu lagi. Oleh karenanya, Engkau selalu berada di dalam diriku untuk membimbingku ke jalan yang benar. Amin. 

(Komisi Kerasulan Kitab Suci dan KomKat KAJ, Renungan Harian & Pendalaman Iman bulan Kitab Suci 2012, jenjang SMA) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari