Jumat, 28 September 2012

Kekuatan Rohani

Yohanes 1: 47-51

Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu." Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

Renungan:

Kita merayakan tiga Malaekat Agung yang menjadi perpanjangan tangan Tuhan sendiri dalam Karya Keselamatan manusia. Inilah tanda nyata kasih Tuhan kepada manusia. Ketiga Malaikat Agung itu mempunyai tugas khusus dari Tuhan untuk membantu manusia dalam pergolakan hidupnya. Tuhan selalu memperhatikan manusia dalam seluruh perjuangannya agar manusia dapat selamat. Oleh sebab itulah bantuan para Malaekat itu sangat dibutuhkan bagi keselamatan manusia. Selain itu dibutuhkan pula kerjasama dari manusia agar rencana Allah sungguh dapat terlaksana di dalam diri manusia.

Di dalam diri manusia ada Roh Allah sendiri, maka manusia mempunyai kekuatan rohani yang harus selalu dijaga. Namun ketika manusia lemah, maka kekuatan jahat dapat menguasainya. Manusia sendiri harus selalu menyatukan dirinya dengan kekuatan Tuhan supaya tidak mudah untuk disesatkan. Keterbukaan hati manusia sangat membantu rahmat Allah untuk bekerja di dalam diri manusia. Maka marilah kita bekerjasama dengan rahmat Allah itu di dalam diri kita. Dalam perjalanan jaman sekarang, sebenarnya kita semakin membutuhkan pertolongan para malaekat untuk membantu kita dalam mengarungi hidup dengan berbagai situasinya yang tidak ringan. Malaekat Allah akan membantu kita dalam memilah berbagai tawaran yang diberikan oleh dunia sekarang ini agar dapat memutuskan dengan bijaksana. Marilah kita membuka hati kita kepada Tuhan.

(Renungan Harian Mutiara Iman 2012, yayasan Pustaka Nusatama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari