Rabu, 12 September 2012

Memaafkan akan menumbuhkan sikap saling mengasihi

Lukas 6:27-38

"Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu.
Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu. Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu.  Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka. Dan jikalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasamu? Karena orang-orang berdosapun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka. Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun berbuat demikian. Dan jikalau kamu meminjamkan sesuatu kepada orang, karena kamu berharap akan menerima sesuatu dari padanya, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun meminjamkan kepada orang-orang berdosa, supaya mereka menerima kembali sama banyak. Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat. Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati." "Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."


RENUNGAN :

David, seorang remaja yang nakal yang sering melakukan perkelahian dan membuat keonaran di sekolah. Pada suatu hari, ketika sedang istirahat, David yang sedang duduk santai di anak buah tangga jalan dengan sengaja menahan kaki seorang temannya yang sedang lewat, sehingga membuat temannya itu pun terjatuh. Temannya bernama Stella, Stella ingin membalasnya tapi ia tahu kalau sedang disekolah.

Seperti biasa, David yang selalu pulang menggunakan sepeda motor, ia selalu ugal-ugalan apabila menggunakan motor. Pada suatu saat, ia terjatuh dari motornya dan kesakitan, karena ia harus menghindari seekor binatang di depannya. Pada saat kejadian itu, Stella yang melihat kejadian itu kemudian membantu David, Stella mengobati luka-lukanya David. Pada saat Stella mengobati lukanya David, David meminta maaf kepada Stella dan Stella memaafkannya. Dan semenjak hari itu, David berubah menjadi lebih baik, ia tidak lagi menjahili teman-temannya lagi dan tidak membuat keonaran di sekolah.

Mengucapkan maaf sangatlah mudah, tapi sangatlah sulit apabila kita memaafkan seseorang. Dengan demikian, haruslah kita memaafkan orang, karena dengan memaafkan orang sikap saling mengasihi telah tumbuh di dalam hati kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari