Sabtu, 02 Juni 2012

Scripture Union Indonesia (a.k.a PPA): Kerinduan yang terpuaskan

Scripture Union Indonesia (a.k.a PPA)
Santapan Harian - Untuk Kehidupan Rohani yang Segar, Kuat, dan Sigap // via fulltextrssfeed.com
Kerinduan yang terpuaskan
Jun 2nd 2012, 17:00

Posted on June 3, 2012 by SHA

Baca: Mazmur 63

Secara konteks, Mazmur 63 berbeda dengan Mazmur 42-43 yang mengungkapkan kerinduan dan kehausan pemazmur akan Tuhan. Kalau dalam Mazmur 42-43 pemazmur sepertinya sedang dalam pembuangan, maka dalam Mazmur 63 ini pemazmur  mungkin sedang beribadah di bait Allah (3).

Kerinduan pemazmur akan Tuhan bukan karena ia sedang jauh dari-Nya atau merasa Tuhan absen dari hidupnya. Kerinduan pemazmur adalah pengakuan imannya bahwa "Ya Allah, Engkaulah Allahku" (2). Kerinduan itulah yang mendorong pemazmur beribadah kepada Allah di bait-Nya yang kudus untuk menikmati kasih setia-Nya. Ungkapan "kasih setia-Mu lebih baik daripada hidup" (4) adalah pengakuan pemazmur bahwa hidup menjadi tidak bermakna di luar topangan Allah.

Oleh karena itu, di bagian kedua mazmur ini (6-9) perasaan kerinduan berubah menjadi kepuasan. Metafora yang dipakai pun tepat. Dari "jiwaku…tubuhku rindu…seperti tanah yang kering dan tandus, tiada berair" menjadi "dengan lemak dan sumsum jiwaku dikenyangkan." Pemazmur bisa dengan tenang merebahkan diri untuk istirahat sambil merenungkan Tuhan sepanjang malam (7). "Di bawah naungan sayap-Mu" merujuk kepada sayap kerubim yang menutupi tabut perjanjian di bait Allah. Ini membayangkan pemeliharaan dan penopangan Allah atas umat-Nya.

Pemazmur begitu puas oleh kenyataan bahwa Allah adalah Allahnya. Pemazmur bertekad untuk melekat pada-Nya (9). sehingga ia yakin bahwa para musuhnya takkan berdaya terhadap dirinya. Karena musuh-musuh dikalahkan, dampaknya bukan hanya bagi diri si pemazmur, tetapi seluruh umat pun, diwakili raja akan bersukacita dan bermegah.

Rindukah Anda menikmati hadirat-Nya? Jadikan Dia satu-satunya Allah tempat Anda menggantungkan seluruh hidup Anda. Jangan andalkan apa pun lainnya!

This entry was posted in SHA. Bookmark the permalink.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari