Sabtu, 16 Juni 2012

RSS Santapan Harian: Minggu, 17 Juni 2012 - Pengampunan dan pemulihan (Mazmur 65)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Minggu, 17 Juni 2012 - Pengampunan dan pemulihan (Mazmur 65)
Jun 16th 2012, 18:00

Judul: Pengampunan dan pemulihan Mazmur 65-68 adalah kelompok kecil mazmur yang berjudul "Nyanyian" dan yang merupakan nyanyian syukur atau puji-pujian. Mazmur 65 merupakan pujian kepada Allah karena mendengarkan doa umat-Nya yang telah berdosa kepada-Nya dan berkenan mengampuni (2-6a) bahkan memulihkan mereka (10-14). Di tengah-tengahnya ada pujian kepada Allah yang berdaulat atas alam semesta (6b-9).

Pujian pemazmur pertama-tama diungkapkan karena kemurahan hati Allah yang mengampuni umat-Nya. Apa dosa umat, tidak diungkapkan di sini. Akan tetapi, akibat pengampunan Tuhan sudah diungkapkan berupa bisa lagi menikmati segala kebaikan Tuhan di bait-Nya yang kudus (5). Tanpa pengampunan dosa, perasaan bersalah bisa menekan seluruh aspek kehidupan seseorang. Makan tidak enak dan tidur pun tidak nyenyak bila dosa mengejar.

Ayat 6b-9 tidak terlepas dari konteks keseluruhan mazmur ini. Allah adalah Allah yang berdaulat atas ciptaan-Nya, termasuk atas alam tumbuhan dan dunia pertanian. Dengan mengungkapkan kedaulatan Allah atas alam pemazmur hendak menegaskan bahwa jawaban doanya telah Allah jawab dengan pemulihan kesuburan tanah pusaka Israel (10-14). Sehingga ladang kembali menumbuhkan tanaman gandum dan tanah penggembalaan mampu memberi makan domba-domba ternak umat Israel. Rupanya akibat dosa mereka dulu, tanah pertanian mereka menjadi gersang, rumput di padang menjadi kering sehingga ternak terancam punah. Maka bukti pengampunan-Nya adalah pemulihan kesuburan tanah.

Mari naikkan puji dan syukur kepada Allah untuk kemurahan dan kasih setia-Nya. Mungkin kegagalan yang Anda alami saat ini adalah akibat dosa-dosa Anda. Pemulihan dari Allah masih dimungkinkan kalau kita bertobat. Jadi tunggu apa lagi? Segera akui dosa Anda, dan harapkan pemulihan-Nya.

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/06/17/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari