Sabtu, 23 Juni 2012

RSS Santapan Harian: Minggu, 24 Juni 2012 - Pada-Mu Allah kami memuji (Mazmur 66)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Minggu, 24 Juni 2012 - Pada-Mu Allah kami memuji (Mazmur 66)
Jun 23rd 2012, 17:16

Judul: Pada-Mu Allah kami memuji Kapan terakhir kali Anda memuji Tuhan karena karya besar-Nya atas bangsa dan negara ini? Atau selama ini fokus Anda hanya mensyukuri berkat-berkat pribadi saja? Pemazmur melakukan keduanya. Pertama, ia mewakili umat memuji Tuhan atas karya-Nya (1-12). Kedua, ia menaikkan syukur untuk pertolongan Tuhan atas dirinya (13-20).

Pujian ini dikumandangkan dengan mengajak seluruh bumi memuji Allah. Sebab Dia adalah Allah yang karya-Nya dalam sejarah begitu agung. Kisah Keluaran menjadi saksi umat Tuhan bagaimana Allah telah membebaskan mereka dari perbudakan Mesir secara tuntas, lalu menyeberangi Laut Teberau. Ditambah lagi penyeberangan Sungai Yordan sebagai tanda masuknya umat Tuhan ke negeri perjanjian. Pujian ini patut pula dipanjatkan semua bangsa karena hanya Allah Israel yang sanggup melakukan perbuatan ajaib menyelamatkan bangsa-Nya sendiri (8). Pujian ini pun merupakan pengakuan akan kedaulatan Allah atas umat-Nya. Allah berkenan menguji dan memurnikan iman kepercayaan mereka (10-12).

Berangkat dari pujian secara global, pemazmur kemudian memanjatkan syukurnya secara pribadi. Pemazmur bersyukur untuk kebaikan Tuhan yang telah ia alami dalam hidupnya (16-20). Maka tekad pemazmur adalah mempersembahkan kurban syukur kepada Allah dan membayar nazar (13-15).

Tidak mudah untuk melihat kebesaran Tuhan di bumi pertiwi ini. Kritik tajam terhadap negeri ini adalah karena negeri ini seolah berjalan dengan moda autopilot. Namun, kita percaya bahwa Allah tetap berdaulat, baik dalam kehidupan berbangsa bernegara, maupun dalam pribadi-pribadi anggota masyarakatnya. Mulailah dengan ucapan syukur atas kebaikan-Nya yang Anda sudah rasakan. Teruskan dengan memuji kebesaran Allah yang telah menuntun bangsa ini di masa lampau. Ajaklah orang di sekeliling Anda untuk memuji nama-Nya.

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/06/24/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari