Selasa, 19 Juni 2012

RSS Santapan Harian: Rabu, 20 Juni 2012 - Allah pelihara hamba-Nya (Kisah Para Rasul 14:8-20)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Rabu, 20 Juni 2012 - Allah pelihara hamba-Nya (Kisah Para Rasul 14:8-20)
Jun 19th 2012, 17:21

Judul: Allah pelihara hamba-Nya Perjalanan misi adalah perjalanan yang penuh dinamika. Meski demikian, pemeliharaan Allah selalu nyata.

Ketika berada di Listra, Paulus dan Barnabas bertemu seorang lumpuh yang memiliki iman (9). Dengan kuasa Allah, Paulus pun menyembuhkan orang itu sehingga ia bisa berjalan.

Mukjizat semacam itu rupanya tidak selalu membawa orang pada pengenalan akan Allah yang sejati. Buktinya, masyarakat yang melihat mukjizat itu justru menganggap Paulus dan Barnabas sebagai dewa. Rupanya orang-orang ini tidak mendengar dengan baik ketika Injil diberitakan. Mereka hanya mau percaya pada keyakinan tradisional mereka terhadap dewa-dewa.

Mendapat perlakuan begitu, Paulus dan Barnabas pun mengoyakkan pakaian mereka sebagai tanda kesedihan yang mendalam atas perilaku orang banyak tersebut. Paulus dan Barnabas menegur orang banyak dan menolak anggapan orang banyak bahwa mereka adalah dewa. Paulus dan Barnabas juga berusaha sebisa mungkin untuk memberitakan Injil kepada orang banyak tersebut.

Munculnya orang Yahudi dari Antiokhia dan Ikonium, merupakan dinamika yang lain lagi. Orang-orang ini begitu bencinya pada Paulus sehingga mereka diperkirakan telah menempuh 160 kilometer untuk mengejar Paulus dan menghalangi pelayanannya. Paulus bahkan nyaris mati oleh karena perbuatan mereka.Betapa besarnya kebencian yang mereka miliki hingga ingin melakukan hal tersebut bukan?

Ada tiga pihak dengan tiga respons yang berbeda. Orang lumpuh yang beriman, masyarakat yang dikekang oleh tradisi dan orang beragama yang penuh kebencian. Meskipun demikian, Paulus dan Barnabas tidak surut dalam melayani. Setelah sembuh, mereka pun segera berangkat. Pelayanan mereka di Listra sekalipun menempuh banyak tantangan tetap menunjukkan pemeliharaan Tuhan, yaitu ketika ada orang yang bertobat dan ketika ada jalan keluar bagi Paulus dan Barnabas ketika maut mengancam mereka. Bersandarlah hanya kepada Allah dalam setiap langkah.

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/06/20/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari