Minggu, 24 Juni 2012

RSS Santapan Harian: Senin, 25 Juni 2012 - Beda pendapat = serasi? (Kisah Para Rasul 15:35-41)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Senin, 25 Juni 2012 - Beda pendapat = serasi? (Kisah Para Rasul 15:35-41)
Jun 24th 2012, 17:17

Judul: Beda pendapat = serasi? Tidak semua yang diartikan sebagai serasi menyangkut hal-hal yang sama atau seragam. Keserasian dapat juga muncul dari hal-hal yang berbeda bahkan bertolak belakang, contohnya adalah mur dan baut. Meski bentuknya tidak sama dan fungsinya berbeda, mur dan baut hanya dapat berfungsi jika mereka dipasangkan. Roda gigi memiliki gigi-gigi yang akan bersinggungan dengan gigi-gigi dari roda gigi yang lain, bahkan diperlukan dua roda gigi atau lebih untuk dapat menghasilkan transmisi daya. Bayangkan jika gigi-gigi tersebut tidak bersinggungan. Keserasian dalam perbedaan dapat pula terjadi dalam dunia pelayanan.

Ketika membaca tentang kekompakan Paulus dan Barnabas dalam melayani, kita mungkin saja menjadi lupa bahwa beda pendapat dan bahkan perpecahan di antara para pelayan Tuhan dapat saja terjadi. Paulus dan Barnabas berpisah karena berbeda pendapat tentang membawa Yohanes Markus ikut dalam pelayanan mereka selanjutnya. Paulus yang kecewa pada Yohanes Markus akhirnya membawa Silas sedangkan Barnabas tetap membawa Yohanes Markus. Perpecahan memang membawa kesedihan, tetapi Tuhan bisa memakai berbagai peristiwa kehidupan manusia yang seolah 'buruk' menjadi sesuatu yang berguna untuk kelangsungan pekerjaan Tuhan. Kita tidak perlu kecewa bila mengalaminya dalam pelayanan karena kita belum tahu bagaimana Tuhan akan memakai peristiwa tersebut untuk kemuliaan nama-Nya. Pekerjaan Tuhan tidak akan pernah terhenti karena hal-hal yang demikian. Tuhan kita adalah Tuhan yang berdaulat atas pekerjaan-Nya. Setelah perpisahan itu, pelayanan Paulus dan Barnabas tetap berkembang. Pada masa akhir hidupnya Allah memulihkan kekecewaan Paulus pada Yohanes sehingga perpecahan yang terjadi sebelumnya menjadi bermakna dan tidak sia-sia di hadapan Tuhan.

Bagaimana Anda dan tim pelayanan Anda menyikapi perbedaan-perbedaan yang muncul dalam pelayanan Anda? Ingatlah bahwa perbedaan tidak seharusnya dilihat sebagai penghambat pelayanan kita kepada Tuhan.

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/06/25/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari