Kamis, 14 Juni 2012

Dasar Kehidupan Orang Kristen


Bahan Bacaan Renungan Harian Kristen hari ini : Matius 7:24-29

Bila memperhatikan perumpamaan-perumpamaan Tuhan Yesus kita dapat mengetahui bahwa Ia sering menggunakan perbandingan dalam perumpamaan-Nya. Misalnya perumpaan sepuluh anak dara (Matius 25), orang kaya dan Lazarus (Lukas 16), dua orang yang membangun rumah (Mat 7:21-29, Luk 6:46-49), dll. Perumpamaan-perumpamaan tersebut menghadapkan perbandingan-perbandingan antara yang pandai/bijak dengan yang bodoh dan yang kaya dengan yang miskin. Adapun orang itu terdapat di antara pendengar-pendengar yang sehari-hari mengelilingi Tuhan Yesus untuk mendengar perkataan-Nya. Karena itulah Tuhan Yesus menegaskan kepada para pendengar-Nya, bahwa barang siapa yang mendengar perkataan-Nya diumpamakan dengan seorang yang bijak (ay 24). Tetapi bukan saja menjadi pendengar melainkan harus juga menurutinya. Ini berarti orang tersebut menyambut Tuhan Yesus dan menjadikan-Nya sebagai batu alas/dasar kehidupannya sehingga dalam hidupnya akan beroleh damai dan sentosa.

Dengan demikian orang yang bijak itu diumpamakan sebagai yang mendirikan rumah di atas batu dan ketika turun hujan dan air bah melanda serta angin topan menerpa rumah itu tidak roboh karena beralaskan pada batu (ay 24-25). Demikian pula di kehidupan ini, sering kali kita diserang dengan sangat ganas oleh kuasa kegelapan yang diibaratkan sebagai air bah dan angin topan, hidup kita hendak ditangkap oleh kuasa kegelapan dengan berbagai jebakan-jebakannya yang menuju kepada kebinasaan. Namun berbahagialah kita karena iman kita beralaskan Batu Zaman yang Kekal yakni Tuhan Yesus, karena itu kita tidak akan gentar dan takut terhadap segala bahaya yang diterbitkan oleh kuasa kegelapan.

Sebaliknya dikemukakan oleh Tuhan Yesus tentang orang yang bodoh, yakni yang hanya mendengar perkataan-perkataan-Nya tetapi tidak menuruti-Nya. Orang ini diumpamakan oleh Tuhan Yesus sebagai yang rumahnya dialaskan di atas pasir saja dan ketika hujan lebat, banjir dan angin topan melanda maka robohlah rumah tersebut. Ini berarti jikalau hidup kita didasarkan pada keduniawian (kekayaan dan kesenangan dunia) semata maka ketika segala bahaya yang diterbitkan oleh kuasa kegelapan menerpa kita maka kita pun ikut terseret kedalam kebinasaan.

Oleh karena itu baiklah kita menjadi orang yang bijak yang menjadikan Tuhan Yesus sebagai dasar kehidupan kita orang Kristen !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari