Kamis, 07 Juni 2012

Saat Teduh: Pengharapan di Tengah Kesesakan

Saat Teduh
Sesaat Bersama Tuhan // via fulltextrssfeed.com
Pengharapan di Tengah Kesesakan
Jun 7th 2012, 00:01

Posted on Kamis, 7 Juni, 2012 by saatteduh

- Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus -

Bacaan Alkitab hari ini: Mazmur 115-117

Bangsa Israel menghadapi tekanan dan pergumulan dengan datang kepada Tuhan dan memperbarui iman mereka di hadapan-Nya.

Mazmur 115 adalah salah satu mazmur yang mencatat tentang perjalanan iman bangsa Israel pascapembuangan. Bangsa Israel "dibuang" ke tengah-tengah bangsa lain dan mengalami tekanan yang berat. Allah menghukum umat-Nya dan Ia "membiarkan" mereka.  Di samping itu, bangsa asing di tempat mereka dibuang kerap kali mengejek mereka. Salah satu ejekan mereka adalah bahwa mereka mempertanyakan keberadaan Allah Israel (115:2).

Di tengah situasi demikian, apa yang dilakukan oleh bangsa Israel? Mereka datang kepada Allah dan menyatakan iman mereka kepada-Nya. Bagi mereka, kemuliaan Allah lebih penting daripada kemuliaan mereka sendiri. Kemuliaan adalah milik Allah dan bukan milik mereka (115:1). Allah yang mulia adalah Allah yang Hidup yang memiliki kehendak-Nya sendiri (115:3). Allah yang Mulia dan yang Hidup mereka kontraskan dengan berhala bangsa-bangsa lain yang hanya merupakan buatan tangan manusia (115:4-7). Allah yang Mulia dan yang Hidup adalah Allah yang menjadi perisai dan penolong bagi orang-orang yang percaya kepada-Nya (115: 9-11). Di samping itu, Allah mengingat dan memberkati umat-Nya (115: 12-15). Oleh karena itu, meskipun menghadapi tekanan, bangsa Israel tetap beriman teguh kepada Allah yang menjadi perisai dan penolong mereka.

Kita pun kadang-kadang menghadapi tekanan atau cobaan hidup. Saat kita mengalami kondisi seperti itu, apakah kita datang kepada-Nya dan memperbarui iman kita? [WY]

Roma 8:38-39
"Sebab aku yakin, …, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, …, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita."

Like this:

Be the first to like this post.

Filed under: Renungan Harian

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari