Rabu, 06 Juni 2012

RSS Santapan Harian: Kamis, 7 Juni 2012 - Keselamatan bagi bangsa-bangsa (Kisah Para Rasul 11:1-18)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Kamis, 7 Juni 2012 - Keselamatan bagi bangsa-bangsa (Kisah Para Rasul 11:1-18)
Jun 6th 2012, 17:36

Judul: Keselamatan bagi bangsa-bangsa Kabar tentang pemberitaan Injil kepada bangsa nonYahudi oleh Paulus, terdengar oleh rasul-rasul lain dan orang-orang Kristen Yahudi di Yerusalem. Sebagai orang yang menganggap dirinya umat pilihan Allah, mereka tidak bisa mengerti bagaimana firman Allah juga sampai kepada bangsa lain. Mereka mempertanyakan bagaimana Petrus dapat masuk ke rumah mereka dan makan bersama kaum nonYahudi, sesuatu yang sebenarnya tidak boleh dilakukan orang-orang Yahudi.

Lalu Petrus menceritakan penglihatan yang sudah dialaminya di Yope (Kis. 10:10-20), yaitu penglihatan agar ia pergi ke tempat orang kafir untuk menyampaikan Kabar Keselamatan. Pengalaman itu ia jelaskan kepada orang-orang Kristen Yahudi bahwa Allah juga membuka pintu pemberitaan Injil kepada bangsa lain. Baru setelah mendengar penjelasan Petrus tersebut, orang Yahudi menjadi tenang dan memuliakan Allah.

Dari kisah ini, kita diajak untuk memahami beberapa hal: Pertama, Allah adalah kasih, itu sebabnya Ia selalu bertindak adil. Keselamatan bukan hanya bagi orang-orang tertentu saja, melainkan untuk semua yang mau dipanggil dan percaya. Tuhan menghendaki kita melaksanakan tugas panggilan kita tanpa membedakan suku, bangsa, latar belakang budaya, atau status sosial orang-orang yang mau kita layani.

Kedua, tindakan Allah dinyatakan melalui visi atau penglihatan. Untuk dapat mengerti maksud dan rencana-Nya, Allah kerapkali memberikan penglihatan kepada hamba-hamba-Nya. Hari ini kita memiliki Alkitab yang lengkap maka dengan membacanya dan berdoa kita bisa beroleh visi yang jelas bagi arah dan tujuan pelayanan kita.

Ketiga, Roh Kudus bekerja di dalam diri Kornelius dan yang meyakinkan dia untuk percaya. Ini berarti bahwa Roh Kuduslah yang berperan dalam segala sesuatu. Kita hanyalah alat yang dipakai Allah bagi kemuliaan-Nya. Kita mohon agar Roh Kudus senantiasa mendampingi dan memberi kemampuan kepada kita dalam tugas panggilan kita selaku anak-anak Allah.

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/06/07/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari