Rabu, 04 April 2012

RS: Relationship Factor 2

Guys, kita telah belajar, bahwa salah satu faktor keberhasilan di dalam hidup kita sangat dipengaruhi oleh dengan siapa kita telah membangun hubungan dan berteman selama ini. Nah, berbicara tentang membangun hubungan dan berteman, ada dua hal penting yang perlu kita tahu.

SATU, bahwa kita hanya bisa menarik orang-orang yang 'sejenis' dengan kita untuk berhubungan dan berteman dengan kita. Hal ini tersirat dengan jelas dari contoh yang tertulis di dalam Luk 23:12, "Dan pada hari itu juga bersahabatlah Herodes dan Pilatus; sebelum itu mereka bermusuhan." Herodes dan Pilatus sebelumnya bermusuhan, tetapi begitu mereka menyadari bahwa mereka itu ternyata 'sejenis' -yaitu suka menyenangkan hati orang banyak dengan menyakiti Yesus, maka tiba-tiba mereka saling tertarik dan bersahabat. Karena itu, jika kita ingin membangun hubungan dan berteman dengan orang-orang yang benar, berkualitas dan potensial, miliki KONTEN yang SEJENIS dengan mereka. Itu artinya, kita mesti bertobat dan membuang cara hidup kita yang buruk, dan mengenakan cara hidup yang baik. Sebab, orang-orang seperti itu tidak akan betah berlama-lama dengan mereka yang cara hidupnya buruk, seperti halnya orang-orang fasik juga tidak akan tahan berada dalam perkumpulan orang benar (Mzm 1:5). Mengapa? Jawabannya jelas, karena mereka ini tidak 'sejenis' satu sama lain, hingga mereka tidak tahan dan tidak betah berlama-lama.

DUA, bahwa ada banyak orang yang begitu mudah memulai satu hubungan dan pertemanan, tetapi hanya sedikit orang saja yang mampu membina hubungan yang telah ada, agar tetap terjalin dengan baik dan awet. Ada seorang hamba Tuhan berkata, "Kunci, untuk membina hubungan kita dengan teman-teman kita, agar hubungan tersebut boleh tetap terjalin dengan baik, yaitu dengan menghargai mereka." Dan ini diawali dengan menghargai waktu mereka, yaitu saat kita membuat janji dengan mereka. Ingat, tidak ada seorang pun yang mau berhubungan atau berteman dengan orang-orang yang tidak menghargai mereka. Ini adalah hukum pertama, dan hukum kedua yang tidak kalah pentingnya, tertulis di dalam Mat 7:12, "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." Jika kita ingin dihargai, dipercayai, diberi kesempatan, atau apapun namanya, perbuatlah juga demikian kepada mereka. Ini adalah hukum tabur-tuai. Akhirnya, ingatlah, untuk membangun satu hubungan dibutuhkan waktu yang lama, tetapi untuk menghancurkannya hanya butuh satu detik dan satu tindakan saja. Sebab itu, bina dan jagalah hubungan kita yang telah terbangun dengan sebaik-baiknya.

Akhirnya, selamat membangun hubungan dan pertemanan yang baik dan sehat, dan di atas semuanya itu kenakan kasih dan ketulusan. Gbu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari