Minggu, 05 Februari 2012

RS: Sikap atas Kesalahan

Guys, ada tiga sikap yang perlu kita terapkan dengan benar terhadap apa yang disebut dengan KESALAHAN, agar kita boleh menjalani tahun yang baru dengan tanpa rintangan dan semaksimal mungkin. 
SATU, jangan lagi MENYIMPAN kesalahan orang lain -tak perduli sebesar apapun kesalahan mereka dan sesering apapun mereka mengulanginya lagi, tetapi mari kita mau mengampuni, melupakan dan melepaskan semua itu pergi dari hidup kita. Sebab, jika kita terus menyimpan kesalahan orang lain, hal itu hanya akan merugikan diri kita sendiri. Karena itu, ampuni, lupakan dan biarkan itu pergi dari hidup kita. Ini memang tidak akan merubah masa lalu kita yang pahit, tetapi akan melegakan hati kita, meringankan langkah-langkah kita dan memaksimalkan masa depan kita di dalam Kristus. 
DUA, jangan terus MENYESALI kesalahan yang telah kita perbuat -tak perduli sefatal apapun kesalahan itu dan seburuk apapun dampak yang telah ditimbulkannya, tetapi mari kita melupakan apa yang telah di belakang kita. Sebab, tidak ada gunanya kita terus menyesali apa yang telah terjadi di masa lalu, karena hal itu tidak akan merubah apapun, tetapi justru makin memperburuk keadaan. Karena itu, jangan lagi menyesali kesalahan yang telah kita lakukan, tetapi mari kita bertobat dengan segenap hati, jangan berbuat dosa lagi, lalu pergunakanlah waktu yang ada dengan sebaik mungkin. Itu baru sikap penyesalan yang benar dan berguna. 
TIGA, jangan lagi saling MELEMPAR kesalahan, atau saling menyalahkan, karena hal itu tidak akan menyelesaikan masalah, tetapi hanya akan memperburuk keadaan. Tak hanya itu, kita juga tidak pernah belajar untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa dan lebih baik lagi, karena sibuk mencari kambing hitam. Karena itu, jangan lagi sibuk mencari siapa yang paling bersalah, tetapi mari kita mau memeriksa diri sendiri, mencari jalan keluar yang terbaik, dan memikirkan agar kesalahan yang sama tidak terulangi lagi. Itu baru ada manfaatnya. 
Inilah ketiga hal yang perlu diperhatikan, agar kita tidak terintangi untuk meraih masa depan yang gemilang di dalam Kristus, Tuhan kita. Read: Kol 3:13-14, Flp 3:13-14. Gbu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari