Rabu, 08 Februari 2012

RS: Hukum yang Terutama

Guys, jika ada koki yang hendak membuat satu jenis masakan, maka ada hukum (resep) yang harus ia ikuti atau patuhi, agar ia bisa menghasilkan satu masakan selezat seperti yang ia harapkan. Hal yang sama juga berlaku bagi kita, jika kita ingin meraih hidup yang maksimal di dalam Kristus. Ada hukum yang harus kita patuhi. Apakah itu? HUKUM KASIH, yaitu kasihilah Tuhan, Allah kita, dan kasihilah sesama kita manusia. Inilah Hukum yang Terutama bagi setiap orang percaya(Mat 22:37-39). Hukum yang harus melandasi seluruh pikiran, perkataan dan perbuatan kita, baik itu di dalam hidup iman, nikah, keluarga, bisnis atau ministri kita. Mengapa hukum ini begitu penting? 
SATU, jika kita memiliki hati yang MENGASIHI TUHAN, Allah kita,  maka seluruh hidup kita akan berpusatkan kepada Dia. Kita akan bertindak hati-hati sesuai dengan firman-Nya. Kita akan melakukan segala sesuatu dengan segenap hati kita. Kita akan menjauhkan diri kita dari hal-hal yang tidak berkenan kepada Allah. Intinya, kita akan selalu berusaha untuk menyenangkan hati Allah di dalam setiap aspek hidup kita. Dan, tentu saja, kesemuanya itu akan menjauhkan kita dari hal-hal yang cemar dan merugikan kita, dan akan mengerjakan berbagai keberhasilan, keberuntungan dan kemaksimalan di dalam hidup kita. Tak hanya itu, bahkan Allah akan mempercayakan kita perkara-perkara yang lebih besar lagi, karena kita ternyata dapat dipercaya. 
DUA, jika kita memiliki hati yang MENGASIHI SESAMA kita manusia, maka seluruh hidup kita akan dilandasi oleh kebajikan dan kemurahan. Kita akan melakukan tanggung jawab kita dengan segenap hati kita. Kita akan menjauhkan diri dari kecurangan dan hal-hal yang merugikan sesama kita. Kita tidak membiarkan iri hati dan dengki meracuni hati kita, saat orang lain beroleh sesuatu. Kita mau melepaskan pengampunan, saat orang lain berbuat salah. Kita selalu berbagi berkat dengan sesama kita. Intinya, kita selalu berusaha mengenakan kasih saat berinteraksi dengan sesama kita manusia di dalam setiap aspek hidup kita. Dan, tentu saja, semua itu akan menjauhkan kita dari hal-hal yang merintangi kita untuk mengalami berkat-berkat Allah, dan bahkan akan makin melimpahkannya atas hidup kita.
Nah, lewat dua uraian di atas, kita dapat melihat mengapa hukum kasih ini, yaitu kasih akan Allah dan sesama, begitu penting, saat kita melakukan segala sesuatu di dalam hidup kita. Karena itu, jika kita rindu meraih kemaksimalan di dalam setiap aspek hidup kita, biarlah kita senantiasa mengenakan hukum yang terutama ini di dalam apapun yang kita lakukan. 

Read: Mat 22:34-40, Kol 3:14. Gbu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari