Senin, 09 Juli 2012

RSS Santapan Harian: Selasa, 10 Juli 2012 - Melampaui pikiran kita (Kejadian 31:43-55)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Selasa, 10 Juli 2012 - Melampaui pikiran kita (Kejadian 31:43-55)
Jul 9th 2012, 16:59

Judul: Melampaui pikiran kita Sering kali kita tidak percaya bahwa Allah dapat menolong kita keluar dari permasalahan dan karenanya kita sering tidak meminta pertolongan-Nya. Bersyukur karena Allah kita adalah Allah yang penuh anugerah bahkan ketika kita tidak meminta pertolongan-Nya, Ia tetap memberikan jalan keluar yang indah bagi kita, yang melampaui pemikiran kita.

Ketika Yakub melarikan diri dari Laban, ia tidak percaya bahwa Allah akan melepaskan dirinya dari maut. Namun tanpa Yakub ketahui, Allah telah terlebih dahulu menolong hamba-Nya itu dengan cara memberi peringatan kepada Laban agar tidak melakukan apa yang buruk terhadap Yakub (Kej. 31:29). Ketika Laban dan Yakub bertemu, pertolongan Allah itu menjadi nyata. Alih-alih melakukan hal yang buruk kepada Yakub, Laban justru mengajak Yakub untuk mengikat perjanjian (44). Perjanjian yang dilakukan pun merupakan suatu perjanjian yang bersifat setara di mana kedua pihak yang mengadakan perjanjian merupakan orang yang sederajat kedudukannya. Artinya, kini Laban telah melihat Yakub sebagai orang yang mempunyai kedudukan yang setara dengan dia. Atas perjanjian itu, Laban dan Yakub mendirikan tugu (45, 46).

Jika di Betel Yakub mendirikan tugu sebagai peringatan ketika Allah menampakkan diri-Nya dalam mimpi (Kej. 28:18), maka tugu yang dibangun bersama Laban ini berfungsi sebagai saksi antara Laban dan Yakub, yaitu bahwa mereka berdua tidak akan melewati tanda-tanda tersebut dengan tujuan jahat terhadap pihak yang lain (52). Akhirnya perseteruan antara Laban dan Yakub berakhir damai, dan ini semua terjadi karena Allah secara langsung melakukan intervensi dengan cara memberi peringatan kepada Laban.

Kegagalan kita dalam memercayakan diri kepada Allah tidak serta merta membatalkan rencana Allah untuk menyertai kita. Allah begitu mengasihi kita. Marilah kita senantiasa bergantung kepada-Nya, karena sesungguhnya Ia selalu memberi kita jalan keluar melalui cara yang lebih dari apa pun yang kita pernah bayangkan.

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/07/10/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari