Jumat, 20 Juli 2012

RSS Santapan Harian: Sabtu, 21 Juli 2012 - Tetap taat dan setia (Kejadian 37:12-36)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Sabtu, 21 Juli 2012 - Tetap taat dan setia (Kejadian 37:12-36)
Jul 20th 2012, 17:15

Judul: Tetap taat dan setia Seperti apa sifat dan karakter seorang Yusuf? Mengapa ia mendapat kasih sayang ayahnya melebihi saudaranya yang lain? Ayat 12 – 36 menjelaskan bahwa Yusuf adalah anak yang taat. Ketika Yakub menyuruhnya pergi melihat saudara-saudaranya yang tengah menggembalakan kambing domba, ia menjawab, "Ya bapa". Padahal, saat itu ia belum mengetahui apa yang menjadi tugasnya nanti. Respons tersebut adalah tanda ketaatan kepada orang tuanya.

Yusuf juga adalah seorang yang penuh kasih, khususnya kepada para saudaranya. Ini tampak ketika ia tidak menemui mereka di tempat yang dimaksud, Yusuf tidak langsung berbalik pulang. Ia mondar-mandir dulu mencari mereka (15), sampai didapatinya saudara-saudaranya itu di Dotan yang berjarak sekitar 30 kilometer ke arah Selatan dari kota Sikhem. Sungguh sebuah perjalanan yang sangat jauh hanya untuk melihat keadaan saudara-saudaranya saja, tetapi itu pun dilakukannya.

Ironisnya, setelah susah payah Yusuf menemukan saudara-saudaranya itu, mereka malah menyusun rencana untuk membunuhnya. Ruben dan Yehuda sempat membela Yusuf dengan mengusulkan cara lain selain membunuh. Usul keduanya diterima oleh yang lain. Akhirnya, Yusuf dijual kepada orang Ismael, dan anak-anak Yakub membohongi ayah mereka soal Yusuf (31-32).

Menariknya, pasal ini tidak ditutup dengan tangis perkabungan Yakub, melainkan perjalanan keadaan Yusuf yang semakin dekat dengan kerajaan Mesir. Ini menandakan bahwa jalan hidupnya tidak berakhir oleh karena kejahatan saudara-saudaranya. Justru melalui kejahatan itu, Yusuf sampai pada pintu gerbang masa depannya.

Hal yang dapat diteladani dari kisah Yusuf ini adalah tetap memiliki ketaatan kepada Tuhan dan selalu berusaha mempraktikkan cinta kasih kepada sesama, sekalipun mereka berbuat jahat kepada kita. Seperti kata Paulus, "Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!" (Rm. 12:21), sehingga jalan Tuhan tetap terbuka di tengah-tengah kesulitan kita.

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/07/21/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari