Rabu, 25 Juli 2012

RSS Santapan Harian: Kamis, 26 Juli 2012 - Hidup di hadapan Allah (Kejadian 39:7-23)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Kamis, 26 Juli 2012 - Hidup di hadapan Allah (Kejadian 39:7-23)
Jul 25th 2012, 17:09

Judul: Hidup di hadapan Allah Memiliki paras yang elok serta berhasil dalam pekerjaan bahkan sangat dipercayai oleh tuannya dalam banyak hal (6b), itulah kehidupan Yusuf. Pasti banyak pemuda yang mengidam-idamkan hidup demikian. Namun dibalik segala kelebihan tersebut, Yusuf juga memiliki potensi yang besar untuk jatuh ke dalam dosa.

Sungguh luar biasa jika Yusuf mendapatkan kepercayaan penuh dari Potifar, sebagai seorang yang memiliki kuasa yang besar. Namun di balik hal yang luar biasa itu, bahaya sedang mengintai. Yusuf diingini oleh istri Potifar dan sebuah bahaya kejatuhan dosa seksual pun sedang menunggunya.

Tetapi berbeda dengan Yehuda yang jatuh ke dalam dosa seksual (Kej. 38:18), Yusuf justru tidak jatuh dalam dosa tersebut. Ia berhasil mengalahkan godaan seksual yang datang kepadanya. Apa rahasia keberhasilan Yusuf? Pertama, karena kesadaran bahwa ia hidup di hadapan Allah (10). Walau ia berada di rumah orang asing, tetapi ia sadar bahwa ada kehadiran Allah di sana. Ia tidak mungkin melakukan dosa di hadapan Allah. Kedua, kesadaran bahwa hidupnya dalam penyertaan Allah. Ia bisa sampai di Mesir dan berhasil dalam pekerjaannya bukan karena kemampuannya. Itu karena ada Allah sendiri yang menyertainya.

Akhir dari penolakan berbuat dosa, ia sampai ke penjara. Itu pun tidak membuat Yusuf gentar. Bahkan dalam penjara, ia sadar bahwa Allah menyertainya. Ketiga, ada kesadaran akan kasih Allah yang besar. Bila dalam rumah Potifar ia mendapat kasih tuannya dengan benar, maka ketika di penjara ia pun mendapat kasih dan kesempatan dipercayai oleh atasannya. Kesadaran akan hidupnya di hadapan Allah, membuat karya Allah semakin nyata melalui tindak tanduknya.

Melalui kisah Yusuf ini kita diingatkan bahwa hidup kita nyata terbuka di hadapan Allah, maka serahkanlah diri kita sepenuhnya di tangan Allah supaya Ia yang menuntun langkah kita. Jika kita tekun, sabar, dan setia bersandar kepada Tuhan yang menuntun hidup kita, maka niscaya kita pun akan menjadi kuat dalam menghadapi godaan dosa.

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/07/26/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari