Sabtu, 28 Juli 2012

RSS Santapan Harian: Minggu, 29 Juli 2012 - Minta keadilan Tuhan (Mazmur 69:20-37)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Minggu, 29 Juli 2012 - Minta keadilan Tuhan (Mazmur 69:20-37)
Jul 28th 2012, 17:13

Judul: Minta keadilan Tuhan Di negara kita ini banyak kasus pelanggaran HAM yang tidak diselesaikan dengan tuntas. Kasus-kasus kerusuhan yang bersifat nasional di tahun 1998, maupun yang berskala lokal. Para keluarga korban menantikan para pelakunya diadili secara hukum.

Di bagian kedua Mazmur 69 ini, pemazmur meminta Tuhan membalaskan secara adil perlakuan musuh yang telah memperlakukan dia secara jahat dan tidak adil. Pemazmur mengungkapkan kesengsaraan dirinya akibat ulah musuh-musuhnya. Fitnah keji para musuh membuat pemazmur hidup menanggung hinaan dan cemooh semua orang. Hidup menanggung kemiskinan mungkin masih tertahankan, tetapi hidup menanggung cemooh, dan perlakuan diskriminatif, sungguh tidak tertahankan. Itulah alasan mengapa pemazmur berharap agar para lawannya merasakan apa yang telah dialaminya. Mereka memberinya minum racun, maka sekarang ia berharap perjamuan mereka akan tidak menyehatkan mereka (22-23). Pemazmur bahkan sampai meminta pemazmur gar mereka dimusnahkan (29). Namun, pemazmur mengakhiri doanya dengan pujian kepada Allah (31-37). Pemazmur meyakini bahwa Allah akan bertindak adil. Ia berpihak pada orang yang tertindas dan miskin, serta akan membela mereka.

Bolehkah kita meminta pembalasan bagi para musuh yang menindas iman kita? Ingat kasus yang berlarut-larut, misalnya yang menimpa satu gereja di wilayah RI yang berdaulat, yang diperlakukan sangat diskriminatif dan melawan hukum? Perjuangan gereja tersebut bukan membalas dendam melainkan supaya keadilan ditegakkan. Kita hidup dalam zaman anugerah. Kristus sudah menegakkan keadilan di kayu salib dengan kasih-Nya. Maka kita tidak perlu meminta pembalasan. Akan tetapi, kita boleh meminta agar keadilan Allah dinyatakan. Allah pasti menegakkan keadilan karena itu adalah karakter-Nya.

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/07/29/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari