Selasa, 27 Januari 2015

Mengatasi Pengalih Perhatian


Setiap hari saya berkendara di jalan raya yang sama dari rumah ke kantor dan sebaliknya. Dari hari ke hari saya melihat semakin bertambahnya jumlah pengemudi yang teralihkan perhatiannya. Biasanya mereka sedang berbicara di telepon atau mengirim/membaca SMS, tetapi saya juga pernah melihat pengemudi yang membaca koran, merias wajah, dan makan semangkuk sereal sambil berusaha mengemudikan mobil yang melaju dengan kecepatan lebih dari 110 km per jam! Dalam keadaan tertentu, pengalih perhatian itu akan berlalu dengan cepat dan tidak membahayakan. Namun dalam sebuah kendaraan yang sedang melaju, pengalih perhatian bisa mematikan.


Terkadang pengalih perhatian dapat membawa masalah dalam hubungan kita dengan Allah. Bahkan, hal itulah yang menjadi keprihatinan Yesus terhadap sahabat-Nya, Marta. Marta “sibuk sekali dengan pekerjaan rumah tangganya” dalam menyiapkan hidangan (Luk. 10:40 BIS). Ketika Marta mengeluh tentang Maria, saudara perempuannya, yang tidak membantunya (tampaknya karena pengabdian Maria kepada Kristus dan ajaran-Nya), Yesus berkata kepadanya, “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya” (ay.41-42).


Meski teralihkan perhatiannya, Marta sebenarnya bertujuan baik. Namun ia kehilangan kesempatan untuk mendengarkan Yesus dan menikmati kehadiran-Nya. Yesus layak mendapatkan pengabdian kita yang tertinggi, dan hanya Dia yang dapat sepenuhnya memampukan kita untuk mengatasi setiap pengalih perhatian dalam hidup ini.



Tuhan, aku ingin punya hati seperti Maria—yang menyediakan waktu untuk duduk di kaki-Mu agar belajar dari-Mu dan berada dekat dengan-Mu. Dan aku ingin punya hati seperti Marta—yang menyediakan waktu untuk melayani-Mu, satu-satunya yang kukasihi.


Jika ingin merasa sedih, lihat diri sendiri; ingin teralihkan, lihat sekeliling; ingin damai, lihat ke atas.






from Santapan Rohani http://ift.tt/1CvfkID

via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari