Selasa, 15 Oktober 2013

Rabu, 16 Oktober 2013 - Hanya dari Tuhan saja (Yesaya 31:1-9)

  Tampilan cetakRabu, 16 Oktober 2013

Judul: Hanya dari Tuhan sajaPerikop ini merupakan pengulangan dari perikop-perikop sebelumnya. Ini menandakan bahwa berita itu sangat penting untuk didengarkan oleh umat, karena umat diajak untuk bertobat. Yaitu dengan kembali menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya Pelindung Israel.

Perikop ini disusun secara konsentris, yaitu berita teologis terkonsentrasi pada bagian tengah, yaitu di ayat 4-5. Strukturnya sebagai berikut:

ayat 1-3: ajakan mengandalkan Tuhan sebagai satu-satunya Pelindung; ayat 4-5: Tuhan sebagai satu-satunya Pelindung; ayat 6-9: ajakan mengandalkan Tuhan sebagai satu-satunya Pelindung.

Pengulangan pertama (1-3) adalah ajakan agar umat Yehuda tidak mengandalkan kekuatan manusia (termasuk kekuatan berhala asing), dengan mengadakan permufakatan untuk memohon bantuan kepada Mesir. Tentu saja permufakatan ini tidak hanya secara politis melainkan juga secara religius, artinya bangsa Israel akan menyembah berhala-berhala Mesir juga. Mereka yang memohon pertolongan bukan kepada Tuhan disebut sebagai orang-orang yang celaka (1). Maka Tuhan akan melawan Mesir (sebagai yang menolong) dan sekaligus umat Yehuda (sebagai yang ditolong). Ini terlihat pada ungkapan: "Tuhan mengacungkan tangan-Nya, tergelincirlah yang membantu dan jatuhlah yang dibantu, dan mereka sekalian habis binasa bersama-sama" (3).

Pengulangan kedua (6-9) ada dalam situasi yang menegangkan oleh karena ancaman Asyur, negara adidaya itu. Umat seharusnya tidak memohon pertolongan kepada Mesir lalu berkoalisi secara politis dan religius. Maka umat diyakinkan bahwa Tuhan jauh lebih kuat dari Asyur, dan Dia akan memukul mundur dan bahkan membinasakan Asyur.

Inti berita ada pada bagian konsentris (4-5): Allah sendiri akan bertindak sebagai Pelindung umat. Pertolongan hanya datang dari Tuhan, ya hanya dari Tuhan saja.

Memang tidak ada satu koalisi dengan kekuatan mana pun yang dapat diandalkan. Hanya Tuhan yang kuasa-Nya layak untuk kita andalkan. Dari Dia saja pertolongan datang.

Diskusi renungan ini di Facebook:https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/

Sumber : www.sabda.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari