Sabtu, 19 Oktober 2013

Minggu, 20 Oktober 2013 - Merayakan Taurat (Mazmur 119:1-16)

  Tampilan cetakMinggu, 20 Oktober 2013

Judul: Merayakan TauratMazmur 119 unik. Pertama, merupakan mazmur terpanjang. Kedua, mazmur ini dalam bahasa aslinya (Ibrani) ialah puisi akrostik. 176 ayatnya disusun menjadi 22 bait. Setiap bait terdiri dari 8 baris (ayat). Bait pertama setiap barisnya dimulai dengan abjad pertama huruf Ibrani. Demikian seterusnya sampai bait yang ke-22, dimulai dengan abjad terakhir. Dengan penyair manakah kita bisa bandingkan pemazmur yang begitu terinspirasi untuk menuliskan puisi yang demikian indah namun mampu berfokus pada satu tema utama, yaitu Taurat?

Taurat di sini bukan semata-mata hukum legal bangsa Israel. Berangkat dari kata kerja yang berarti "mengajar", Taurat merupakan penyataan Allah kepada Israel untuk membentuk mereka sebagai umat yang taat penuh kepada-Nya. Mazmur 119 merayakan Taurat sebagai petunjuk hidup yang membawa umat pada kebahagiaan (1-2) karena pusat hidup mereka ialah Allah. Ketaatan kepada Taurat berarti mengakui dan memberlakukan kedaulatan Allah dalam hidup mereka. Hasilnya, kebahagiaan dan keberhasilan (bnd. Mzm 1:1-3).

keunikan lain mazmur 119 ialah, pengunaan kata-kata sinonim bagi Taurat, seperti peringatan (2), jalan (3), titah (4), ketetapan (5, 8), perintah (6), hukum (7), dst. Dengan sinomim tersebut, segenap kepenuhan nuansa Taurat diungkapkan.

Taurat ditujukan buat muda-mudi (9-11) agar mereka tidak menyimpang dari jalan Tuhan. Sehingga mereka bisa menikmati hidup yang berkenan kepada-Nya dan yang memberkati sesama. Pemazmur mengungkapkan kecintaannya kepada Taurat dan syukurnya kepada Sumber Taurat (12-16).

Mari kita membaca Mazmur 119 ini seraya merayakan kebaikan Tuhan kepada umat-Nya. Dengan petunjuk-Nya (Taurat), kita bisa menjalani hidup yang menyenangkan Dia serta memberkati sesama kita. Niscaya, kebahagiaan dan keberhasilan menyertai kita.

Diskusi renungan ini di Facebook:https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/

Sumber : www.sabda.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari