Rabu, 23 Oktober 2013

Kamis, 24 Oktober 2013 - DUA NUBUAT (Yeremia 29:1-23)

  Tampilan cetakKamis, 24 Oktober 2013

Bacaan   : Yeremia 29:1-23Setahun : Lukas 8-9Nats       : Sebab Aku ini mengetahui rancanganrancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. (Yeremia 29:11)

Bayangkan kejadian fiktif ini. Karena tuduhan palsu, Anda dijebloskan ke penjara. Anda menyangkalnya, namun tak berhasil. Seorang pendeta menghibur Anda, "Tenanglah. Kebohongan ini akan segera terbongkar. Dalam waktu tiga bulan, Anda akan dibebaskan." Lalu, muncul pendeta lain. Ia berkata, "Tidak. Anda akan meringkuk di penjara selama lima tahun. Tetapi, Tuhan berjanji akan memelihara Anda. Dia menghendaki Anda melayani para napidana di penjara ini." Ucapan manakah yang membuat Anda bersemangat?

Bangsa Israel menghadapi pilihan serupa saat dibuang ke Babel. Hananya menubuatkan bahwa pembuangan itu hanya akan berlangsung selama dua tahun; Yeremia menghardiknya sebagai nubuat palsu (Yeremia 28). Ia lalu mengirim surat kepada orang-orang Israel di Babel dan menyatakan bahwa pembuangan itu akan berlangsung selama 70 tahun. Mereka diperintahkan untuk hidup membaur dengan bangsa asing itu dan mengupayakan kesejahteraan bersama. Itulah latar dari janji Tuhan dalam ayat 11 yang kerap dikutip sebagai penghiburan.

Jika saya orang buangan, saya akan tergoda untuk memercayai nubuat Hananya. Betapa senang jika penderitaan itu lekas berlalu, dan saya bisa bersaksi tentang kemenangan yang gemilang. Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, bukan? Tentu. Namun, kadang Tuhan memilih jalur lain: menunjukkan pemeliharaan-Nya di tengah ketidaknyamanan. Dan, di tengah ketidaknyamanan pula, memanggil kita untuk menjadi berkat. Maukah kita? --Arie Saptaji

PENYERTAAN DAN PEMELIHARAAN TUHANADALAH KABAR BAIK DI TENGAH KETIDAKNYAMANAN HIDUP.

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian?Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

Diskusi renungan ini di Facebook:https://www.facebook.com/groups/renungan.harian/

Sumber : www.sabda.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari