Rabu, 04 Januari 2012

RS: Hati, Pikiran dan Perilaku

Guys, jika kita berbicara tentang mengawali tahun yang baru ini dengan sebaik mungkin, maka ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan:
SATU, awali tahun yang baru ini dengan HATI yang baru. Ada tertulis, "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan." (Ams 4:23). Itu artinya, kita mesti membersihkan hati kita dari segala macam kekuatiran, kepahitan, kedengkian, gampang emosi, mudah tersinggung, dan yang serupa dengan itu, dan memenuhinya dengan iman, pengharapan dan kasih.
DUA, awali tahun yang baru ini dengan PIKIRAN yang baru. Ada tertulis, "Jadi akhirnya, saudara- saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu." (Flp 4:8). Sebab, apa yang selalu kita pikirkan tentang segala sesuatu, hal itulah yang akan mendatangi dan menimpa kita (Ayb 3:25). Karena itu, mari kita tanggalkan segala pikiran yang jahat, buruk dan negatip.
TIGA, awali tahun yang baru ini dengan PERILAKU (perkataan dan perbuatan) yang baru. Ada tertulis, "Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri- Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu." (Gal 6:7-8). Itu artinya, kita mesti menanggalkan segala bentuk persungutan, gosip, kemalasan, perkara yang sia-sia, asal-asalan, tidak segenap hati, dan yang serupa dengan itu, dan mengenakan perkataan dan perbuatan Kristus di dalam setiap aspek hidup kita.
Akhirnya, mari kita mau mengenakan hati, pikiran dan perilaku yang baru, agar kita boleh mengawali tahun yang baru ini dengan sebaik mungkin.

Baca: Flp 2:5, 1 Yoh 2:6. Gbu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari