Sabtu, 28 Januari 2012

RSS Santapan Harian: Minggu, 29 Januari 2012 - Raja atas segala bangsa (Mazmur 47)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Minggu, 29 Januari 2012 - Raja atas segala bangsa (Mazmur 47)
Jan 28th 2012, 17:58

Judul: Raja atas segala bangsa
Dalam budaya timur kuna, perayaan naik takhta seorang raja diselenggarakan dengan semarak. Setelah raja dimahkotai di kuil dewanya, rakyat akan mengelu-elukannya dengan seruan "Nyatakan dia raja..." Mereka akan bertepuk tangan serta berteriak "Hidup raja sampai selama-lamanya"

Mazmur 47 adalah mazmur pujian kepada Allah sebagai Raja. Pemazmur mengajak umat Tuhan mengelu-elukan Allah sebagai Raja yang Mahatinggi (3). Allah adalah Raja yang telah menaklukkan bangsa-bangsa musuh demi kesejahteraan umat-Nya (4). Dia telah memberikan tanah Kanaan sebagai milik pusaka umat-Nya (5). Bagian pertama mazmur ini diakhiri dengan pernyataan bahwa Allah naik untuk duduk di takhta-Nya yang tertinggi dan memerintah dari sana (6).

Bagian kedua mazmur ini mengulang pujian dengan lebih semarak, "bermazmurlah" (5x di ay. 7-8). Allah telah bersemayam di takhta kudus-Nya untuk menjalankan pemerintahan-Nya atas bangsa-bangsa (9). Semua wakil bangsa-bangsa (pemuka bangsa-bangsa = perisai-perisai bumi) telah berkumpul untuk menyembah dan menyatakan pengakuan akan kedaulatan Allah sebagai Raja (10). Ayat 10 ini bisa pula diterjemahkan, "Para pemuka bangsa-bangsa berkumpul bersama umat Allah Abraham (= umat Israel)." Kapankah semua bangsa bersama umat Israel akan bersatu menyembah Allah sebagai Raja? Yang ultima tentunya kelak di surga mulia. Semua orang dari berbagai suku, bangsa, dan bahasa akan menyembah tak henti-henti kepada Allah Sang Raja di bumi yang baru (=surga).

Gereja yang didirikan Yesus di muka bumi ini sebenarnya telah mulai mewujudkan Kerajaan Allah yang universal. Bukankah anggota gereja, umat Allah berasal dari berbagai suku, bangsa, dan bahasa? jangan biarkan gereja Anda hanya eksklusif untuk kelompok tertentu. Jangan lupa, tugas (gereja) Anda, memberitakan Injil kepada semua bangsa!

Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/01/29/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari