Senin, 30 Januari 2012

RSS Santapan Harian: Selasa, 31 Januari 2012 - Siap menghadapi penolakan (Markus 6:1-6a)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com

Selasa, 31 Januari 2012 - Siap menghadapi penolakan (Markus 6:1-6a)
Jan 30th 2012, 17:07

Judul: Siap menghadapi penolakan Ada seorang pemuda yang baru lulus dari sekolah teologi sedang menjalani masa orientasi pelayanan di sebuah gereja. Baru setahun melayani, pemuda ini keluar dan mencari tempat pelayanan yang lain. Saat ditanya alasannya, ia menjawab gereja itu bukan ladang pelayanan yang sesuai dengan panggilannya. Ternyata dalam beberapa tahun ke depan, pemuda itu telah berganti beberapa gereja pula. Rupanya ia belum menemukan gereja yang sesuai dengan 'panggilan'nya. Ia berulang kali merasa tidak cocok dengan gereja yang ia layani karena merasa kurang dihargai, dianggap masih terlalu muda dan belum berpengalaman.

Yesus bisa saja memiliki perasaan serupa. Di kampung halamannya, Nazaret (1; Luk. 4:16), Ia tidak mendapatkan penerimaan yang seharusnya. Orang hanya mengenal diri-Nya sebagai tukang kayu, anak dari Maria dan kakak bagi Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon. Walaupun penduduk Nazaret merasakan otoritas-Nya waktu Ia mengajar dan telah mendengar mukjizat yang dilakukan-Nya (2), di mata mereka Yesus hanyalah salah seorang dari warga mereka. Tidak lebih. Yesus pasti kecewa dengan sikap mereka.Akan tetapi, apa pun perasaan Yesus, Ia tidak terburu-buru memvonis penduduk Nazaret dan langsung meninggalkan mereka. Ia tetap melayani mereka walaupun tidak dapat berbuat banyak (5).

Seorang pelayan Tuhan harus siap menghadapi penolakan. Penolakan akan selalu terjadi di mana pun kita melayani. Penolakan tidak boleh dijadikan ukuran bahwa tempat tersebut bukan ladang pelayanan yang Tuhan kehendaki. Ukuran kita adalah apakah Tuhan yang menempatkan kita di sana. Apakah ada kebutuhan yang harus kulayani di sana. Apakah talentaku akan berguna bagi pertumbuhan jemaat Tuhan di sana! Memang menghadapi penolakan bukan hal mudah, sering menyakitkan. Akan tetapi, yang paling penting adalah Tuhan tidak menolak kita melainkan anugerah-Nya menyertai dan memperlengkapi kita. Allah yang penuh rahmat kiranya menolong hati kita untuk melayani orang-orang yang dipercayakan kepada kita.

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/01/31/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari