Minggu, 30 Desember 2012

Renungan Tahun Baru - Mengandalkan Tuntunan Tuhan


Mengandalkan Tuntunan Tuhan Dalam Memasuki Tahun yang Baru


Beberapa saat lagi kita akan melewati tahun 2012 dan memasuki tahun yang baru;2013. Tentunya banyak hal yang telah kita lalui dan rasakan di sepanjang tahun 2012 ini. Suka maupun duka, tangis dan juga tawa, kesuksesan ataupun kegagalan, semuanya pasti pernah kita alami dalam menjalani tahun 2012 ini. Sudah menjadi lazim ketika akan memasuki tahun yang baru kita selalu membuat rencana-rencana maupun resolusi untuk menatap tahun di depan yang akan kita lalui. Sebagai orang Kristen, kita diingatkan oleh Alkitab bahwa dalam setiap rencana dan harapan yang kita buat hendaklah kita melibatkan dan mengandalkan Tuhan Allah, karena seperti yang tertulis dalam Alkitab :
"Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi Tuhan, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita..." (Ulangan 29:29)

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada saat kita memasuki hari esok di tahun yang akan datang, oleh karena itu sebagai orang yang percaya kepada Tuhan, hal yang utama adalah menaruh segala harapan kita dan selalu mengandalkan DIA dalam segala hal. Mengapa kita harus menaruh pengharapan dan mengandalkan Tuhan dalam setiap langkah hidup kita ?
"Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada Tuhan! ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah." (Yeremia 17:7-8)

"Sebab AKU ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-KU mengenai kamu, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan" (Yeremia 29:11)

Dari kutipan ayat-ayat di atas jelaslah bagi kita bahwa orang yang senantiasa mengandalkan Tuhan hidupnya pasti akan selalu diberkati, disertai dan dilindungi Tuhan.

Ada banyak pengalaman dan kejadian yang telah kita lalui di tahun 2012 namun satu yang pasti bahwa Tuhan Allah selalu bersama dengan kita. Tuhan Allah tidak berubah, baik kemarin, hari ini dan selamanya. Kasih dan Anugerah-NYA memberikan kekuatan serta pengharapan untuk meneruskan langkah kita ke depan. Merayakan tahun baru 2013 akan semakin asyik dan terasa begitu indah apabila kita merasakan betapa Tuhan Allah mencintai kita dan oleh karenanya memasuki tahun yang baru ini patutlah kita menjauhkan diri dari hal-hal yang bertentangan dengan Firman-NYA sebaliknya harus hidup menurut Firman-NYA dan selalu menaruh pengharapan dan mengandalkan DIA dalam setiap langkah hidup kita niscaya hidup dan kehidupan kita di tahun yang baru akan diberkati oleh-NYA. Amin.
Selamat Tahun Baru - Imanuel !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari