Sabtu, 01 Desember 2012

Memasuki Masa Advent : Berjaga-jaga dan waspada akan hari Tuhan


Injil Lukas 21:25-28,34-36: "Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang. Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat." Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.  Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini.  Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia."

RENUNGAN :

Dalam memasuki masa Adven ini, Yesus menyampaikan beberapa seruannya. Pertama, Yesus meminta agar para murid berjaga-jaga dan waspada akan “hari Tuhan”. Apakah sebenarnya hari Tuhan itu?. Hari Tuhan adalah hari dimana Tuhan itu dating. Hari dimana Sang Juruselamat dating ke dunia. Kita tidak tahu persis kapan hari Tuhan itu tiba. Oleh karena itu, para murid diminta untuk selalu waspada dan berjaga-jaga.

Kedua, Yesus meminta agar kita bertekun dalam doa. Kedatangan Tuhan juga harus disambut dengan sikap doa. Doa mesti dilaksanakan terus menerus dengan kesabaran. Itulah yang diteladankan oleh Santa Monica. Ia adalah wanita luar biasa yang menjadi teladan dalam doa yang tak kunjung henti. Menunggu memang pekerjaan yang paling membosankan. Namun menunggu dengan penuh kesabaran sambil berdoa dengan tekun merupakan sebuah keutamaan.

Seruan Yesus ini benar-benar merasuk dalam hati kita. Masa Advent merupakan masa yang tepat untuk mengembangkan hidup rohani kita dengan bersikap waspada dan berjaga-jaga dalam doa. Kita perlu serius dalam mempersiapkan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia. Hanya mereka yang waspada, berjaga-jaga dan bertekun dalam doa akan beroleh kekuatan, kedamaian dan keselamatan dari Tuhan sendiri. (inspirasi renungan dari : Teguh, Ruah 2012 – Sabda Allah Menyegarkan Jiwa) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari