Selasa, 22 Januari 2013

Hukum dan Peraturan

Mrk. 3:1-6

Renungan :

Hukum atau peraturan merupakan bagian penting dalam kehidupan bersama karena membantu manusia dalam membentuk sebuah kehidupan yang teratur dan damai. Namun para pemimpin atau penguasa sering membuat peraturan dan membebankan kepada masyarakat sehingga peraturan bukan menyenangkan melainkan penderitaan, benturan tak terelakan antara penguasa yang berlaku semenamena dan rakyat yang menderita.

Injil hari ini berbicara tentang Yesus menyembuhkan orang pada hari sabat. Yesus berhadapan dengan sikap orangorang Farisi yang sangat fanatik mentaati dan menjalankan hukum. Bagi mereka hari sabat menurut hukum Taurat adalah hari Tuhan yang sakral sehingga setiap umat tidak boleh melakukan suatu aktifitas apapun kecuali beribadat. Hukum Taurat memiliki sanksi-sanksi bagi mereka yang melanggar akan dihukum. Yesus menentang penghayatan hukum yang keliru itu. Hukum dibuat bukan untuk hukumitu melainkan menjamin kelangsungan hidup manusia yang tertib, teratur, damai dan menyelamatkan.

Dalam pengalaman kehidupan sehari-hari kita selalu berhadapan dengan berbagai hukum dan peraturan. Tuhan Yesus tidak mengajak kita untuk menjadi pelanggar hukum melainkan dengan rendah hati menolong dan menyelamatkan orang lain yang susah dan menderita seperti Dia menyelamatkan orang sakit pada hari sabat.

(Renungan Harian Mutiara Iman 2013, yayasan Pustaka Nusatama, Yogyakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari